Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosialisasi Kampus Melalui Aplikasi Smartphone

Menjelang masa penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi sibuk menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Namun sering kali kegiatan sosialisasi ini tidak efektif, baik dari segi jangkauan publiknya maupun dari kedalaman informasi yang dibagikan.
Institut Teknologi Sepuluh November/its.ac.id
Institut Teknologi Sepuluh November/its.ac.id

Kabar24.com, JAKARTA -- Menjelang masa penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi sibuk menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Namun sering kali kegiatan sosialisasi ini tidak efektif, baik dari segi jangkauan publiknya maupun dari kedalaman informasi yang dibagikan.

Hal tersebut menginspirasi enam mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang memiliki ide unik untuk memperkenalkan kampus mereka melalui sebuah aplikasi smartphone. Anugrah Dwiatmaja Putra, Ahmad Choirun Najib, Aprilia Rizki Rahmawati, Azmi Adi Firmansyah, Jwalita Galuh Garini dan Mochammad Nuralim Andrianto menamai aplikasi tersebut Ini Lho ITS (ILITS).

"Meski masih dalam proses penyempurnaan, aplikasi tersebut mulai pekan depan sudah siap diunggah," ujar ketua tim, Anugrah Dwiatmaja Putra, seperti disirat dari laman ITS Online, Selasa (29/12/2015).

Putra menjelaskan, kelahiran aplikasi ILITS didasari fakta bahwa waktu yang diberikan sekolah untuk mempresentasikan ITS cenderung terbatas. Akibatnya, informasi yang tersampaikan pun terbatas dan sosialisasi tidak berjalan optimal.

"Dengan adanya aplikasi ILITS ini diharapkan siswa dapat leluasa dalam mengeksplorasi seluk beluk kampus ITS secara mendetail," tambahnya.

Saat bekerja, Putra dan timnya berbagi tugas; dua orang membuat program, dua orang membuat desain aplikasi dan sisanya sebagai project manager. Konten aplikasi, kata Putra, tidak jauh berbeda dengan presentasi langsung pada kegiatan ILITS.

"Tampilanya kami buat ramah untuk pengguna. Selain itu, konten video sama sekali tidak ditambahkan karena dikhawatirkan akan membuat ukuran aplikasi membengkak," tutur Putra.

Mahasiswa asal Ponorogo ini memaparkan, setelah siap, timnya akan mengunggah aplikasi ILITS ke Playstore. Lalu, link unduhannya akan diubah menjadi barcode dan disertakan pada desain pamflet di ILITS 2016 agar lebih mudah diunduh.

"Semoga aplikasi ini dapat memudahkan pengetahuan tentang kampus ITS tersampaikan secara lebih mendalam," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper