Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjinak Bom Sterilkan Sejumlah Gereja di Malang

Satu unit Jibom Sub Den 4 Detasemen B Pelopor Gegana Brimob Polda Jawa Timur diterjunkan untuk menetralisir sekaligus menyeterilkan sejumlah gereja di wilayah Kota Malang, salah satunya Gereja Katedral Ijen, Kamis.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, MALANG--Satu unit Jibom Sub Den 4 Detasemen B Pelopor Gegana Brimob Polda Jawa Timur diterjunkan untuk menetralisir sekaligus menyeterilkan sejumlah gereja di wilayah Kota Malang, salah satunya Gereja Katedral Ijen, Kamis.

Sebanyak tujuh anggota tim tersebut membawa peralatan lengkap penjinak bom (Jibom). Seluruh tempat di gereja, mulai dari altar hingga bangku di tengah gereja dan gudang belakang disisir guna memastikan keamanannya.

Kapolresta Malang AKBP Singgamata, mengaku bahwa dirinya tidak ingin meremehkan apapun hal yang terlihat mencurigakan. "Apapun yang ada jangan sampai diremehkan, tempat-tempat yang tersembunyi harus tetap disterilisasi," ujar Singgamata yang didampingi Dandim 0833 Letkol Arm Aprianko di sela sterilisasi gereja di wilayah Kota Malang.

Selain Gereja Katedral Ijen, pemantauan dan penyisiran juga dilakukan di enam gereja lainnya, seperti Gereja Kayutangan, Gereja Katolik St. Albertus de Trapani, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Gereja Bethany Yakin Hidup Sukses dan Hall Ijen Suites.

Pada kesempatan itu Singgamata mengimbau seluruh penjaga gereja, saat perayaan Natal nanti jangan bertindak gegabah apabila menemukan hal yang mencurigakan.

Singgamata juga berpesan agar seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Malang yang sudah kondusif ini, apalagi hari Kamis (24/12) juga ada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Intinya jangan sampai lengah dengan suasana yang sudah aman ini, justru semua pihak harus semakin meningkatkan pengamanan agar pelaku kejahatan tak punya celah sedikitpun," ucapnya.

Menyinggung personel pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, Singgamata mengatakan dua pertiga anggota (polisi) kekuatan penuh siaga satu, didukung TNI, Pemkot, dan Ormas. Semua bersinergi untuk mengamankan jalannya ibadah Natal. Dan, dalam setiap kegiatan kebaktian Natal, wajib ada polisi yang berjaga.

"Malam ini ada 51 gereja di wilayah Kota Malang yang melaksanakan kebaktian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper