Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbaikan Tata Kelola di Batam, Bintan, dan Karimun Akan Dipercepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan percepatan perbaikan tata kelola di Batam, Bintan, dan Karimun sebagai kawasan perdagangan bebas atau Free Trade Zone.

Kabar24.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan percepatan perbaikan tata kelola di Batam, Bintan, dan Karimun sebagai kawasan perdagangan bebas atau Free Trade Zone.

Dalam rapat kabinet terbatas, Presiden Jokowi mengatakan perlu langkah perbaikan yang frontal untuk memperbaiki tata kelola dan kelembagaan di kawasan perdagangan bebas. Dengan begitu, akan semakin banyak investor yang masuk ke dalam negeri untuk mengembangkan usahanya.

“Memang perlu langkah perbaikan yang frontal, sehingga kelembagaan, tata kelola, dan kinerja di kawasan perdagangan bebas dapat benar-benar segara dilakukan,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (4/12).

Presiden menuturkan perbaikan tata kelola di kawasan perdagangan bebas dilakukan agar tidak bertabrakan dengan badan pengusahaan kawasan dan pemerintah daerah dalam hal penanganan perizinan untuk investasi.

Menurutnya, pemerintah juga akan memberi perhatian khusus kepada badan pengelola kawasan, agar tidak lagi ada hambatan dalam proses investasi. Dia pun berharap agar segera ada keputusan mengenai langkah-langkah perbaikan tersebut.

“Saya kira harus beri perhatian khusus ke badan pengelola kawasan plus di Sabang, Batam, Bintan, dan Karimun, sehingga investasi dapat masuk ke sana,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana untuk membuka kantor khusus di Batam, Bintan, serta Karimun yang menangani persoalan di kawasan perdagangan bebas agar dapat menyelesaikan persoalan regulasi dan kewenangannya.

Selama ini, ketiga kawasan tersebut menjadi tujuan utama investor asal Singapura untuk mengembangkan usahanya, karena lokasinya yang relatif dekat dengan negara tersebut. Akan tetapi, rumitnya perizinan dan regulasi investasi dalam negeri dianggap menghambat alur investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper