Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian Riset Berangkatkan 44 Peserta Menyapa Negkeriku

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberangkatkan 44 peserta program Menyapa Negeriku. Seusai menjalani tahap seleksi yang panjang, peserta yang terpilih akan meninjau pendidikan di 11 daerah di penjuru Indonesia.
Guru mengajar di kelas./Antara
Guru mengajar di kelas./Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberangkatkan 44 peserta program menyapa negeriku. Seusai menjalani tahap seleksi yang panjang, peserta yang terpilih akan meninjau pendidikan di 11 daerah di penjuru Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan, program Menyapa Negeriku diminati sekira 47.000 pendaftar. Menurut Nasir, tingginya animo masyarakat membuat Kemristekdikti mempercepat rangkaian pendaftaran dan seleksinya.

"Tampaknya antusiasme kita untuk membangun negeri ini begitu besar, sesuai dengan nawacita dari Presiden Jokowi, yaitu membangun negeri dari pinggiran," ujar Nasir dalam acara pelepasan peserta menyapa negeriku di Hotel Century Park, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Nasir berharap agar para peserta Menyapa Negeriku bisa memberikan inspirasi bagi anak-anak di daerah yang mereka kunjungi. "Yang paling penting adalah para peserta bisa menyampaikan kepada negara bagaimana kondisi pendidikan di daerah," imbuh Nasir.

Ke depan, untuk semakin menyebarkan inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk turut membangun pendidikan terutama di daerah terluar, tertinggal, terpencil (3T) Kemenristekdikti akan menambahkan kuota peserta.

"Saya harapkan, dengan adanya menyapa negeriku yang pertama ini dapat menggugah banyak pihak termasuk kementerian dan lembaga atau BUMN lain untuk sama-sama bantu pendidikan di daerah tertinggal," tuturnya.

Peserta program Menyapa Negeriku akan diberangkatkan ke 11 daerah di Tanah Air selama lima hari di awal Desember 2015. Selama kunjungan, mereka diajak melihat langsung potret pendidikan di pelosok Nusantara serta harus berbagi keterampilan dan inspirasi kepada masyarakat di daerah setempat, khususnya para pelajar.

Peserta Menyapa Negeriku akan didampingi alumni Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T), yang selama setahun telah mengabdi sebagai guru di pelosok negeri.

Kegiatan ini dijadwalkan dengan daerah tujuan sebagai berikut:

1. Kabupaten Simelueu, Aceh Barat
2. Kabupaten Aceh Timur, Aceh
3. Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau
4. Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
5. Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara
6. Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT)
7. Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT)
8. Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat
9. Kabupaten Sorong, Papua Barat
10. Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat
11. Kabupaten Jayawijaya, Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper