Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Tak Pusing Namanya Disebut 66 Kali di Transkrip Skandal Freeport

Nama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM Luhut Binsar Panjaitan disebut sebanyak 66 kali dalam pertemuan Ketua DPR Setya Novanto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Ma'ruf Syamsudin, dan pengusaha migas Riza Chalid.
Menko Polhukam Luhut Pandjaitan/Antara
Menko Polhukam Luhut Pandjaitan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Nama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM Luhut Binsar Panjaitan disebut sebanyak 66 kali dalam pertemuan Ketua DPR Setya Novanto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Ma'ruf Syamsudin, dan pengusaha migas Riza Chalid.

Hal tersebut terungkap dalam transkrip pertemuan yang diduga merupakan lobi renegosiasi perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia yang habis pada 2021. Pertemuan terjadi pada 8 Juni 2015 di sebuah hotel di kawasan SCBD Senayan, Jakarta.

Lantas bagaimana reaksi purnawirawan Jenderal TNI kelahiran Toba Samosir ini? Ternyata, Luhut tak ambil pusing namanya disebut sebanyak 66 kali.

"Enggak masalah. Kalau perlu 100 kali enggak masalah. Silakan saja MKD," ujarnya seusai menggelar rapat tentang anggaran pembangunan Papua di kantornya, Selasa (1/12/2015).

Luhut menyerahkan sepenuhnya penuntasan kasus dugaan pencatutan nama Presiden dan Wapres oleh Setya Novanto kepada Mahkamah Kehormatan Dewan. Tak ada pula niatan untuk membawa kasus ini ke ranah hukum, misalnya atas dugaan pencemaran nama baik.

"Persoalannya saja kita enggak tahu, apanya yang mau dibawa ke hukum?" tegasnya.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini tidak ingin berspekulasi terkait pandangan sejumlah pihak tentang indikasi korupsi dalam kasus yang terkenal di dunia maya sebagai kasus #papamintasaham ini. Yang jelas, Luhut menyatakan kesiapan untuk memberikan pernyataan apabila diundang MKD.

"Lah ya, kita tunggu saja. Saya kalau diundang MKD, saya hadir," ujarnya.

Luhut pun mengisyaratkan, bahwa dirinya tidak terganggu dengan semakin berkembangnya kasus yang melibatkan pucuk pimpinan DPR. Alih-alih naik pitam saat meladeni pertanyaan wartawan, pria berusia 68 tahun ini justru masih bisa mengendalikan nada suara sambil menebar senyum.

"Kamu lihat saya masih tersenyum enggak?" ujar Luhut sambil tersenyum dan memasuki mobil Lexus hitam berpelat RI 16 dan bergegas meninggalkan kantornya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper