Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PBB Fair Medan Raup Dana Rp31 Miliar

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Medan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp31 miliar dalam kegiatan Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang digelar selama tiga hari
Ilustrasi/JIBI-Is Ariyanto
Ilustrasi/JIBI-Is Ariyanto

Bisnis.com, MEDAN—Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Medan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp31 miliar dalam kegiatan Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang digelar selama tiga hari.

Hingga saat ini, Dispenda Kota Medan telah mengumpulkan 85% dari total target PBB yakni senilai Rp376 miliar. Untuk memudahkan masyarakat melaksanakan kewajiban, maka pembayaran bisa dilakukan di 48 cabang PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara (Bank Sumut).

Kepala Dispenda Medan Husni mengungkapkan selama tiga hari perhelatan PBB Fair, animo masyarakat untuk hadir sekaligus membayar PBB cukup tinggi. Husni meminta maaf bila ada masyarakat yang belum dilayani oleh petugas loket selama PBB Fair akibat keterbatasan loket dan ganggun jaringan dapat melakukan pembayaran. Husni optimis bahwa nominal PBB akan bertambah melalui pembukaan cabang di loket pembayaran PBB di kantor cabang utama dan tiap cabang.

Selain itu, melalui penghapusan denda PBB dalam kurun lima tahun terakhir maka target sampai akhir tahun dapat diraih. “Kami usahakan kekurangan target yang 15% lagi dapat dipenuhi. Masih ada waktu sebulan lagi sebelum berakhirnya 2015. Apalagi camat, lurah dan kepala lingkungan dapat menarik PBB warga yang belum membayar sesuai dengan buku tunggakan PBB yang telah disampaikan sebelumnya,” kata Husni dalam keterangan resmi, Minggu (29/11/2015).

Melihat tingginya animo masyarakat mengikuti PBB Fair dan korelasinya dengan pembayaran PBB, kata Husni, PBB Fair akan dijadikan sebagai ikon sehingga digelar rutin setiap tahunnya. Sebab, mengoptimalkan pencapaian target PBB membutuhkan pendekatan yang bervariasi guna lebih meningkatkan penerimaan pajak daerah Kota Medan secara keseluruhan.

Dia mengungkapkan Dispenda akan terus meningkatkan pelayanan, apalagi melihat tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar PBB dalam PBB Fair ini cukup tinggi. Tentunya ini semakin mempertebal optimisme peningkatan PAD. Husni mengatakan pihaknya akan melakukan beraneka ragam variasi pendekatan dari sektor pajak untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Selain menggelar PBB Fair, Husni mengatakan juga akan memberikan award kepada wajib pajak yang rutin membayar pajak hotel, restoran dan hiburan dengan nilai cukup tinggi. Tercatat, ada sekitar 60 wajib yang akan mendapat award dan penyerahannya akan dilaksanakan di Selecta Jalan Listrik Medan pada 4 Desember mendatang. Husni mengharapkan agar tingkat kesadaran masyarakat membayar pajak semakin tinggi, guna mendorong percepatan pembangunan di Kota Medan.

Sebelum PBB Fair resmi ditutup, kegiatan pagi hari diisi dengan kegiatan senam massal dan masak mie balap terbanyak, tercepat dan terenak. Mie balap sebanyak 1,5 ton yang dimasak menghasilkan 673 bungkus dan dibagikan kepada seluruh peserta yang hadir di Lapangan Merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper