Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Beberapa Pengaruh Perubahan Iklim di Kutub Utara

Dua perwakilan dari Indonesia yang mengikuti project PBB untuk program Youth4Artic di kutub utara menyaksikan pengaruh perubahan iklim yang mengakibatkan es di kutub utara meleleh dengan cepat.

Bisnis.com, JAKARTA – Dua perwakilan dari Indonesia yang mengikuti project  PBB  untuk program Youth4Artic di kutub utara menyaksikan pengaruh perubahan iklim yang mengakibatkan es di kutub utara meleleh dengan cepat.

Hal tersebut akan berdampak pada kenaikan permukaan laut yang mengancam kehidupan manusia di seluruh dunia.

Nesha K. Ichida, 21, dan Yohanes Kevin Hendrawan, 23, dari Indonesia yang diberangkatkan oleh Yayasan Peduli Bumi Indonesia dan Unboxed Media Australia bersama tiga peserta lainya dari Eropa dan Australia ke kutub utara.

Pada program tersebut, mereka membuat film pendek  berjudul Last Chance of save the earth  tersebut diputar pada Konfrensi PBB mengenai perubahan iklim COP21 di Paris Prancis pada awal Desember 2015.

Nesha dan Kevin banyak menyaksikan  drastisnya perubahan iklim seperti berikut:

  1. Greenland yang dikenal dengan suhu dingin ekstrim dan ditutupi salju, saat ini menjadi jauh lebih hangat sehingga banyak tanaman hijau yang tumbuh.
  2.   Penyusutan  es di kutub utara setinggi 6 meter dalam waktu satu tahun terakhir.
  3. Banyak alga hitam di antara lapisan es. Warna hitam akan lebih mudah menyerap sinar matahari, sehingga mempercepat cairnya es.
  4. Di Greenland, hujan lebih sering terjadi. Berdasarkan keterangan penduduk lokal, hal ini merupakan hal yang tidak biasa. Hujan mengakibatkan banyak es yang terpecah dan meleleh begitu saja.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper