Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Desember 2015 Tarif Listrik Naik Lagi

Tarif listrik golongan rumah tangga (R1) dengan daya 1.300 volt ampere (VA) dan 2.200 VA akan mengalami kenaikan sebesar 11% atau senilai Rp157 per kilowatthour per Desember 2015.

Kabar24.com, JAKARTA--Tarif listrik golongan rumah tangga (R1) dengan daya 1.300 volt ampere (VA) dan 2.200 VA akan mengalami kenaikan sebesar 11% atau senilai Rp157 per kilowatthour per Desember 2015.

Hal ini menyusul diberlakukannya mekanisme penyesuaian tarif (tarif adjustment) untuk golongan tersebut pada bulan depan.

Mekanisme ini tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 31/2014 sebagaimana telah diubah dengan Permen ESDM No 09/2015, tariff adjustment diberlakukan setiap bulan.

Awalnya, golongan non subsidi R1 tersebut memiliki tarif datar yakni Rp1.352 per kWh tiap bulannya. Pada Desember nanti tarif untuk kedua golongan daya tersebut akan mencapai Rp1.509 per kWh.

Dengan mekanisme penyesuaian tarif maka harga listrik akan menyesuaikan dengan perubahan nilai tukar mata uang Dolar AS terhadap mata uang Rupiah, harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) serta inflasi bulanan.

Sehingga, tarif listrik golongan tersebut setiap bulan dimungkinkan untuk turun, tetap atau naik berdasarkan ketiga indikator tersebut.

“Semestinya sejak Mei 2015 sudah diberlakukan tariff adjustment [1.300 VA dan 2.200 VA], tetapi ditunda dan baru diterapkan Desember,” tutur Kepala Divisi Niaga PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Benny Marbun kepada Bisnis, Minggu (29/11).

Pertimbangannya, saat itu, pelanggan golongan tersebut sudah mengalami kenaikan tarif listrik secara bertahap sejak Juli 2014 hingga November 2014.

Selain itu penundaan juga untuk meringankan beban ekonomi pelanggan di kedua golongan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper