Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menikah di Kereta Api, Siapa Takut!

Menikah di kereta api pasti menjadi kenangan tak terlupakan bagi sepasang pengantin.
Kereta luar biasa/Flickr.com
Kereta luar biasa/Flickr.com

Kabar24.com, JAKARTA - Menikah adalah hal sakral. Biasanya pernikahan berlangsung di gedung resepsi, ballroom hotel, bahkan pinggir pantai. Sudah banyak pasangan di Indonesia yang menikah di tempat-tempat tersebut. Tapi, bagaimana dengan menikah di dalam kereta api? Tentunya akan menjadi pengalaman menarik untuk pasangan pengantin.

Teguh Triyono, Manajer Operasi Kereta Api Wisata menceritakan sebuah pengalaman pernikahan yang pernah dilayani kereta api wisata.

"Pesta pernikahan juga pernah di sini (kereta api wisata). Nikahnya di Cirebon, karena akad nikah kan status KUA harus jelas, jadi akad di stasiun. Setelah selesai akad langsung jalan resepsi ke Brebes" ujar Teguh.

Konsep pernikahan pada umumnya adalah para tamu undangan yang hadir mendatangi kedua mempelai di pelaminan. Namun, konsep tersebut tidak berlaku bagi pernikahan di kereta api wisata ini.

"Jadi (mempelai) mendatangi undangannya, bukan undangan mendatangi pengantin. Operasinya pakai KLB (kereta api luar biasa). Khusus untuk resepsi pernikahan," ujar Teguh.

PT KAI melalui anak usahanya Indorail Travel menggunakan kereta api khusus yaitu KLB untuk melayani pesanan resepsi pernikahan di kereta ini.

Pernikahan di kereta api wisata ini dimulai dengan harga Rp100 juta. Fasilitas akan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pengguna dengan pihak penyedia kereta api wisata.

Namun, Teguh menjelaskan biaya tersebut biasanya tergantung dari jumlah tamu yang diundang dan panjang jalur yang dilalui serta fasilitas tambahan yang ingin didapatkan di dalam kereta api. "Nanti kalau sudah memesan, pihak kami akan mengirimkan form pemesanan, si pemesan mau request paket apa dan kereta apa yang mau pilih," papar Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper