Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemuda Ini Nekad Selundupkan Shabu Senilai Rp300 Juta Lewat Anus

PEKANBARU Ditjen Bea Cukai Pekanbaru menangkap RH (25) karena kedapatan menyimpan narkotika jenis shabu-shabu senilai Rp300 juta di dalam organ tubuhnya.
Ilustrasi razia narkoba/Bisnis.com
Ilustrasi razia narkoba/Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU— Ditjen Bea Cukai Pekanbaru menangkap RH (25) karena kedapatan menyimpan narkotika jenis shabu-shabu senilai Rp300 juta di dalam organ tubuhnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru Elfi Harris mengatakan tersangka dipaksa memasukkan empat paket sabu seberat 152 gram ke dalam anusnya. Paket Shabu-shabu itu dimasukkan ke dalam alat kontrasepsi agar tetap awet di dalam organ tubuh.

“Tersangka mengaku dibayar Rp8 juta untuk melakukan hal konyol itu,” katanya, Kamis (26/11/2015).

Tersangka kedapatan setelah dia terdeteksi di Bandara Soekarno-Hatta, setelah dia tiba dari Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (25/11/2015). Tersangka kemudian dicegat, diperiksa dan dipaksa mengakui hingga akhirnya terbukti.

Petugas memaksa keluar paket sabu tersebut dengan membawa tersangka ke Rumah Sakit Awal Bross. Empat paket shabu-shabu itu keluar utuh melalui anusnya. Terlihat empat alat kontrasebsi membungkus plastik shabu-shabu. Karena tanpa dikemas di dalam alat kontrasepsi, tersangka akan tewas.

Elfi mengatakan tersangka membawa shabu-shabu itu dari Malaysia. Tersangka juga postif menggunakan narkotika, setelah dilakukan tes urine. “Mungkin, ini penyelundupan narkotika gaya baru,” tambahnya.

Elfi menjelaskan upaya penggagalan penyelundupan tersebut merupakan fungsi Bea dan Cukai sebagai pelindung gegenerasi muda. Shabu-shabu seberat 152 gram itu dapat digunakan oleh 760 orang.

Tersangka RH dikenakan melanggar Pasal 113 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda Rp10 miliar. Bea Cukai Pekanbaru segera menyerahkan tersangka ke Polresta Pekanbaru agar diproses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper