Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARNAWAMA GANTARI: Tema Angkatan ke-49 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

ARNAWAMA GANTARI: Angkatan ke-49 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan
Ilustrasi/Arwani Gantari
Ilustrasi/Arwani Gantari

Kabar24.com, JAKARTA -- Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali menyiapkan putra dan putri terbaik Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik di dalam negeri maupun di dalam negeri.

Melalui program Persiapan Keberangkatan (PK) angkatan ke-49, penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang umum disebut dengan awardee LPDP akan ditempa dan diberikan pembinaan sebelum nantinya menempuh pendidikan di tempat tujuan masing-masing.

Dalam program PK angkatan ke-49 mengangkat tema Arnawama Gantari, Bersatu Membangun Negeri Bahari yang diselenggarakan pada 16-21 November 2015 bertempat di Wisma Hijau, Depok, Jawa Barat ini antara lain seminar kepemimpinan yang diisi oleh tokoh yang ahli di bidangnya dan memiliki sifat integritas dan profesionalitas sesuai dengan nilai-nilai LPDP.

Tujuan dari pelaksanaan program PK, seperti siaran pers yang diterima Bisnis.com,  adalah untuk memupuk rasa nasionalisme para awardee LPDP sehingga diharapkan setelah purna dalam menimba ilmu, mereka dapat membaktikan dirinya demi kepentingan Indonesia.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membentuk mental dan karakter masing-masing supaya memiliki mental yang kuat serta karakter yang terkandung nilai-nilai keindonesiaan di dalamnya.

Terlebih lagi, dengan menurunnya nilai-nilai integritas dan profesionalitas yang akhir-akhir ini mulai menurun di masyarakat sehingga melalui program PK, nilai tersebut akan ditanamkan kembali bagi para awardee sehingga kelak ketika para awardee telah menjadi pemimpin di posisi-posisi strategis, nilai-nilai tersebut tetap akan menjadi acuan.

Kegiatan ini didukung oleh Traveloka, Pertamina Hulu Energi, Penerbit Haru, Pemerintah Kabupaten Bantaeng, IDP IELTS, Viro Water, Penerbit Haru, Xseven Entertainment, Cosmo Education, HOPE Education, Mr.P, dan W’Dank Nutrifood.

Bentuk kegiatan dikemas dalam bentuk pemberian motivasi dan penanaman nilai kepemimpinan ini diharapkan mampu menjadi sarana akselerasi bagi para awardee untuk dapat melesatkan dirinya menjadi seorang pemimpin yang berintegritas di masa depan.

Penutupan rangkaian PK-49 LPDP yang dilaksanakan pada 21 November 2015 bertajuk Harmoni Nusantara diisi oleh banyak kegiatan yang tidak hanya dipenuhi oleh pertunjukkan hiburan, namun juga kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan sosial Indonesia.

Acara tersebut antara lain: sharing LPDP dan berbagi tips dan trik bagaimana memperoleh beasiswa LPDP, Jajanan Nusantara, Pelayanan Kesehatan Gratis, Donor Darah, Talkshow inspirasi bersama Andri Rizki Putra (peraih Kick Andy Young Heroes Award2015 dan Founder Yayasan Pemimpin Anak Bangsa) dan Tantia Dian Permata Indah (Head of Partnership Traveloka dan Mahasiswa Beprestasi UI), Pameran Pendidikan dari Agen Konsultasi Pendidikan dan Awardee LPDP, dan Simulasi IELTS.

Tak kalah pula pertunjukkan hiburan yaitu: Stand Up Comedy dari Komtung TV, penampilan dari Arina Mocca feat Indrakustik, serta Pertunjukkan Seni dari Awardee LPDP angkatan 49.  

Selain itu, ada kegiatan sosial Menyapa Indonesia yang merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan Awardee LPDP yang bertujuan untuk mengembangkan daerah tertinggal dan meningkatkan potensi masyarakat di daerah yang dijadikan lokasi program Menyapa Indonesia.

Pengunjung acara dapat turut serta berpartisipasi dalam program Menyapa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper