Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TURKI TEMBAK PESAWAT RUSIA: Turki Beberkan Bukti Peringatan

Militer Turki merilis rekaman suara yang diklaim sebagai peringatan terhadap pesawat tempur Rusia sebelum pesawat itu ditembak jatuh dekat perbatasan Suriah.
Pejuang Turki di Suriah terlihat dengan senjata artileri anti-pesawat di Desa Yamadi, dekat perbatasan Turki-Suriah, Suriah, Selasa (24/11/2015).Turki menembak jatuh sebuah pesawat tempur Rusia dekat perbatasan Suriah pada hari Selasa karena berulangkali  melanggar  wilayah udara Turki./Reuters
Pejuang Turki di Suriah terlihat dengan senjata artileri anti-pesawat di Desa Yamadi, dekat perbatasan Turki-Suriah, Suriah, Selasa (24/11/2015).Turki menembak jatuh sebuah pesawat tempur Rusia dekat perbatasan Suriah pada hari Selasa karena berulangkali melanggar wilayah udara Turki./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA-- Militer Turki merilis rekaman suara yang diklaim sebagai peringatan terhadap pesawat tempur Rusia sebelum pesawat itu ditembak jatuh dekat perbatasan Suriah.

Dalam rekaman itu, terdapat suara berbahasa Inggris yang mengatakan: "Ubah arah Anda ke selatan secepatnya."

Suara tersebut, menurut militer Turki, adalah bagian dari 10 kali peringatan terhadap kedua pilot pesawat Su-24 tersebut. Karena peringatan tidak digubris, pesawat-pesawat F-16 milik Turki menembaki pesawat Rusia itu sebagimana dikutip BBC.co.uk, Kamis (26/11/2015).

Kedua pilot sempat melompat dari pesawat dengan menggunakan parasut, akan tetapi salah seorang pilot ditembak oleh kelompok pemberontak. Pihak Rusia menyebut pilot yang ditembak itu bernama Oleg Peshkov berpangkat letnan kolonel.

Pilot pertama dapat diselamatkan dari wilayah timur laut Suriah yang dikendalikan kubu pemberontak melalui campur tangan pasukan khusus Rusia dan Suriah dalam operasi selama 12 jam. Pilot yang selamat itu bernama Konstantin Murakhtin berpangkat kapten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper