Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Fraksi Dukung Setya Novanto Digulingkan

Salah satu inisiator gerakan mosi tak percaya dari Fraksi NasDem, Teuku Taufiqulhadi, mengatakan, gerakan sudah mendapat dukungan para anggota DPR dari 10 fraksi secara individu.
Ketua DPR Setya Novanto (kedua kiri)/Antara
Ketua DPR Setya Novanto (kedua kiri)/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Salah satu inisiator gerakan mosi tak percaya dari Fraksi NasDem, Teuku Taufiqulhadi, mengatakan, gerakan sudah mendapat dukungan para anggota DPR dari 10 fraksi secara individu.

Meski belum ada penghitungan detail dan menyeluruh, dia mengklaim tak ada satu pun fraksi yang bulat masih berpihak atau percaya Setya Novanto tetap menjabat Ketua DPR.

"Bahkan partai tempat Setya bernaung ada yang mendukung gerakan ini," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (24/11/2015).

Hingga kini, penggalangan terus berlanjut di tingkat fraksi melalui pemberian tanda tangan. Sebagian anggota Fraksi NasDem sendiri, sebagian sudah membubuhkan tanda tangan yang akan disusul anggota lainnya.‎

SIMAK: Jembatan Pondok Indah Rawan Pemerkosaan, Polisi Temukan DNA Pemerkosa

 

Gerakan mosi tak percaya digulirkan sebagai langkah lain memberi hukuman terhadap Setya yang kerap melanggar etika sebagai pimpinan Dewan.

 Setya diduga secara aktif melobi renegosiasi kontrak dengan PT Freeport Indonesia yang dalam perundingannya turut mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Setya berkali-kali membantah dia mencatut nama Jokowi.

 "Saya dizalimi," katanya.

Sanksi Ringan

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sebelumnya memberikan sanksi ringan terhadap Setya pada kasus kehadirannya dalam kampanye calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Setya juga dituding tak menghormati MKD karena selalu mangkir dalam proses pemeriksaan kasus yang sempat menghebohkan publik pada September 2015 silam.

Ihwal mosi tak percaya terhadap Setya, menurut Taufiqulhadi, memang tak semua fraksi bersedia mengedarkan form tanda tangan. Berdalih sungkan, Taufiqulhadi mengatakan, ada sebuah fraksi yang hanya mengutarakan dukungan secara lisan. Fraksi itu diduga tak ingin menimbulkan polemik jika gamblang ikut dalam mosi yang diusung empat partai, yaitu PDIP, Nasdem, PKB, dan Hanura.

SIMAK: Jembatan Penyeberangan Pondok Indah Rawan Pemerkosaan & Jambret

Soal pertemuan pimpinan Koalisi Merah Putih dengan Setya, ‎Taufiqulhadi mengatakan, tak ada lagi perbedaan pendapat antara koalisi pemerintah dan koalisi nonpemerintah. Pertemuan di Hambalang sama sekali tak memengaruhi posisi moral Dewan terhadap pelanggaran Ketua DPR.

 "Jangan sampai Dewan seperti karikatur yang cuma jadi‎ bahan tertawaan dan cemooh," katanya.

"Setya sudah pantas mengundurkan diri."

BACA JUGA:

SUMBER WARAS GATE: Ahok Tantang BPK Buka Rekaman Pemeriksaan

153 Film Diputar di Jogja-Netpac Asian Film Festival

Begini Reaksi Pria & Wanita Saat Nonton Film Dewasa

Batu Akik Hajar Jahanam Sedot Perhatian Pengunjung

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper