Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow..51 Juta Penduduk RI Buang Air Besar Sembarangan

Sebagai negara berpopulasi tertinggi, berbagai risiko mengintai Indonesia. Salah satunya masalah perilaku sehat dan bersih.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Sebagai negara berpopulasi tertinggi, berbagai risiko mengintai Indonesia. Salah satunya masalah perilaku sehat dan bersih.

Terdapat 51 juta penduduk Indonesia yang masih membuang air besar di sembarang tempat.

Chief Water, Sanitation and Hygiene (WASH) UNICEF Indonesia Aidan Cronin mengatakan di dunia 2,4 miliar penduduk tak memiliki toilet.

Sedangkan, terdapat 946 juta penduduk yang masih memiliki kebiasaan membuang air besar tidak di toilet dan 51 juta di antaranya ada di Indonesia.

Alhasil, angka ini menempatkan Indonesia sebagai negara di urutan kedua terbanyak untuk kasus buang air besar sembarangan. Angka ini diperoleh dari program kerjasama World Health Organization (WHO) dan Unicef pada 2015.

"Dari 946 juta orang yang membuang air besar sembarangan, 51 juta ada di Indonesia," ujarnya dalam jumpa pers di The Terrace Cafe, Senayan National Golf Club Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Padahal, dalam riset tersebut juga disebut bahwa kurangnya kebersihan erat kaitannya dengan kasus malnutrisi.

Pasalnya, perilaku seperti ini mengundang datangnya lalat. Kemudian, lalat yang hinggap di makanan akan membawa kuman dan kotoran yang akhirnya mengakibatkan orang yang memakannya berpeluang lebih besar terhadap penyakit seperti diare dan pneumonia.

Belum terbentuknya kebiasaan cuci tangan pakai sabun setelah buang air besar dan sebelum makan turut memperparah kesehatan.

"Hubungan antara sanitasi dan malnutrisi adalah satu lagi benang merah yang menekankan bahwa respons kita terhadap masalah sanitasi harus saling bersinergi," katanya.

Oleh karena itu, berkenaan dengan Hari Toilet Internasional yang jatuh pada hari ini pihaknya meluncurkan kampanye Tinju Tinja untuk mengubah perilaku masyarakat agar sadar terhadap kebiasaan sehat mulai dari cuci tangan menggunakan sabun setelah buang air besar dan sebelum makan juga menggunakan toilet sebagai tempat buang air besar.

"Kami berharap kampanye Tinju Tinja fase kedua ini dapat memberi kontribusi terhadap perubahan perilaku masyarakat untuk menghapus perilaku buang air besar sembarangan (BABS) dan mewujudkan Indonesia bebas BABS pada 2019," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper