Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tolak Semen, 200 Warga Jalan Kaki dari Pati ke Semarang

Sekitar 200 warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng akan melakukan aksi jalan kaki dari Kecamatan Sukolilo, Pati menuju Semarang, Jawa Tengah untuk menolak operasi semen
Bisnis.com, JAKARTA -- Sekitar 200 warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng akan melakukan aksi jalan kaki dari Kecamatan Sukolilo, Pati menuju Semarang, Jawa Tengah untuk menolak operasi semen. 
 
Warga yang tergabung itu terdiri dari masyarakat Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang,  dan Kabupaten Grobogan. Aksi mereka bagian dari upaya melawan pertambangan semen, di antaranya adalah PT Sahabat Mulia Sakti, anak perusahaan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
 
Gugatan warga sendiri sudah dilakukan ke PTUN Semarang. Pada 17 November, pembacaan putusan akan disampaikan oleh majelis hakim yang mengadili perkara tersebut.
 
Gunretno, tokoh masyarakat Samin, mengatakan aksi itu dilakukan pada Minggu, 15 November 2015 pada pukul 19.00, dari Pati menuju Kudus. "Di Kudus, warga disambut dan menggelar doa tengah malam jam 00.00-selesai," demikian keterangannya, Minggu (15/11/2015).
 
Pada Senin pukul 03.00, warga akan melanjutkan perjalanan ke Demak menuju Makam Sunan Kalijaga. Kemungkinan, warga akan sampai di sana pada jam 08.00.
 
Dari Demak, warga akan melanjutkan perjalanan ke Semarang sekitar jam 20.00 WIB, untuk menuju PTUN Semarang. Diperkirakan, warga lainnya dari lima kabupaten itu juga akan berdatangan untuk mendukung aksi dan menghadiri pembacaan putusan di PTUN Semarang pada 17 November atau Selasa pekan depan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper