Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Ringkus Sindikat Penipu Pejabat Negara

Polda Metro Jaya menggaruk 16 tersangka penipuan terhadap sejumlah pejabat pemerintah pada berbagai lembaga negara.
Kombes Pol Krishna Murti/Antara
Kombes Pol Krishna Murti/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Polda Metro Jaya “menggaruk” 16 tersangka penipuan terhadap sejumlah pejabat pemerintah pada berbagai lembaga negara.

"Penipuan melalui SMS dan telepon dengan korban beberapa pejabat," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Krishna Murti di Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Krishna mengatakan, awalnya petugas meringkus tiga tersangka di Bandung Jawa Barat, kemudian berkembang terhadap 11 tersangka di kawasan Cipanas Bogor Jawa Barat.

"Lanjut ditangkap kembali tadi (Selasa) dua orang di Cilincing Jakarta Utara dan Bekasi," ujar Krishna.

Krishna mengungkapkan, beberapa pejabat pemerintah yang kena sindikat penipuan itu antara lain Lembaga Sandi Negara (Lamsaneg), Kementerian Perindustrian, PT Jasa Marga, Dinas Perhubungan dan PT Angkasa Pura.

Selanjutnya, Kapolres Aceh Tamiang, Kapolres Konaweh, pejabat setingkat bupati, Dinas Kehutanan dan anggota DPRD Kota Palu Sulawesi Tengah.

Krishna menyebut, para pelaku menjalankan modus mengaku sebagai pejabat dengan target calon korban merupakan pejabat pemerintah.

Pelaku juga menyasar korban sebagai pemenang lelang yang dicari melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) maupun pada salah satu dinas kabupaten atau provinsi.

Krishna menuturkan, sindikat penjahat itu menghubungi 108 guna menanyakan profil dinas tersebu,t dan menghubungi para pemenang lelang untuk meminta biaya operasional lelang yang mengatasnamakan pejabat dinas terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper