Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

'Menyapa Negeriku' Tawarkan Wisata Gratis Keliling Indonesia

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberi kesempatan kepada pemuda Indonesia mengenal lebih jauh berbagai daerah di Tanah Air melalui kegiatan "Menyapa Negeriku".
Bandara Wamena di Papua/Istimewa
Bandara Wamena di Papua/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA -- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberi kesempatan kepada pemuda Indonesia mengenal lebih jauh berbagai daerah di Tanah Air melalui kegiatan "Menyapa Negeriku".

SIMAK: Gunung Api di Planet Pluto Muntahkan Es

 

Peserta kegiatan ini juga akan diajak melihat langsung potret pendidikan di Indonesia. Kegiatan akan dilaksanakan pada 5-10 Desember 2015. Selama kunjungan, peserta akan didampingi alumni Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T), yang selama setahun telah mengabdi sebagai guru di pelosok negeri.

SIMAK: Ini Dia 3 Petenis Wanita Terseksi di Dunia

 

"Semua biaya perjalanan gratis ditanggung oleh Kemristekdikti. Beberapa fasilitas lain yang bisa didapatkan, yakni uang saku, penginapan dan akomodasi, seragam, asuransi, sertifikat, serta kesempatan ikut menulis dalam buku Menyapa Negeriku," Ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti di Gedung Dikti, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

SIMAK:Kota Depok Darurat Narkoba

Menurut Ali, program Menyapa Negeriku merupakan inisiasi dari Direktorat Jenderal Sumberdaya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang memiliki harapan agar publik mendapatkan pemahaman yang baik dan positif terhadap program pemerintah.

SIMAK: Musi Triboatton 2015: Inilah Asal Nama Sungai Musi

 

"Selain itu juga program ini menyediakan sarana bagi publik untuk lebih memahami keragaman dan kondisi Indonesia saat ini," tuturnya.

Daerah Tujuan

Ali menuturkan, cinta Tanah Air dapat dipupuk apabila masyarakat mengenal negerinya sendiri. Dengan mengenal lebih dekat, masyarakat dapat menempatkan dirinya sebagai warga negara yang baik dan turut berpartisipasi dalam program pembangunan pemerintah.

"Membangun kesadaran masyarakat dengan cinta Tanah Air adalah dengan memberikan pengalaman kebatinan yang bersentuhan dengan Indonesia," katanya.

Adapun yang menjadi daerah tujuan Menyapa Negeriku antara lain, Kabupaten Simelueu, Aceh Barat; Kabupaten Aceh Timur, Aceh; Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau; Kabupaten Berau, Kalimantan Timur; Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara; Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT); Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT); Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat; Kabupaten Sorong, Papua Barat; Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat; Kabupaten Jayawijaya, Papua

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper