Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kristal Kuno Ini Jadi Bukti Usia Bumi 4,1 Miliar Tahun

-Batu kristal zircon kuno yang digali dari Australia Barat bisa jadi membawa bukti bahwa kehidupan muncul di Bumi 4,1 miliar tahun yang lalu atau 300 juta tahun lebih awal dari perkiraan semula menurut tim peneliti dari Amerika Serikat.
Bumi/youtube
Bumi/youtube

Kabar24.com, JAKARTA--Batu kristal zircon kuno yang digali dari Australia Barat bisa jadi membawa bukti bahwa kehidupan muncul di Bumi 4,1 miliar tahun yang lalu atau 300 juta tahun lebih awal dari perkiraan semula menurut tim peneliti dari Amerika Serikat.

Para ilmuwan dari Standford University dan University of California, Los Angeles, menyatakan baru-baru ini mereka mengumpulkan sekitar 10 ribu batu zircon berumur miliaran tahun di Jack Hills, Australia, termasuk satu yang diyakini mengandung deposit karbon berusia 4,1 miliar tahun, kurang lebihnya 10 juta tahun.

"Kristal yang sama sekali tidak retak dan tidak terganggu itu menunjukkan bahwa itu bukan cemaran dari proses geologi yang lebih baru, dan mungkin menjadi bukti adal kehidupan Bumi pada 4,1 miliar tahun lalu," menurut naskah yang diterbitkan oleh tim di jurnal ilmiah Proceeding of the National Academy of Sciences, Senin.

Para ilmuwan menggunakan catatan fosil untuk membuktikan sejarah kehidupan di Bumi dimulai sekitar 3,8 miliar tahun lalu, dalam bentuk mahluk sel tunggal.

Manusia diyakini mulai ada di Bumi pertama kali 200.000 tahun yang lalu.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Elizabeth Bell, Patrick Boehnke dan T Mark Harrosin dari University of California Los Angeles serta Wendy Lao dari Standford, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper