Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepercayaan Publik Terhadap 3 Lembaga Negara Masih Tinggi? Ini Kata Lingkar Madani

Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti mengaku tidak heran dengan tingkat kepercayaan yang tinggi diraih lembaga Kepresidenan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berdasarkan hasil riset Indo Barometer baru-baru ini.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Antara
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti mengaku tidak heran dengan tingkat kepercayaan yang tinggi diraih lembaga Kepresidenan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berdasarkan hasil riset Indo Barometer baru-baru ini.

"Saya tidak kaget kalau publik masih sangat percaya kepada Presiden, KPK dan TNI, karena ketiga lembaga ini yang sukses di mata publik," ujarnya dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (10/10/2015).

Dia menyebutkan bahwa TNI selama ini sangat konsisten dan sukses dengan reformasi yang dilakukan. Demikian juga KPK yang menjadi lembaga antirasuah paling sukses di mata publik terlepas dari sejumlah kontroversi.

"Hasil survei ini juga mengafirmasi bahwa publik sangat mengharapkan KPK tetap ada. Karena itu, rencana DPR dan pemerintah merevisi UU untuk melemahkan KPK tidak tepat," katanya.

Mengenai tingkat kepercayaan kepada Presiden Jokowi yang tinggi, Ray mengatakan, ini bukti publik masih sangat berharap Presiden bisa menuntaskan semua persoalan bangsa dana negara ini.

"Walau popularitas Jokowi kali ini turun, tapi tingkat kepercayaan publik kepada Presiden tetap tinggi. Ini modal bagi Presiden untuk terus berbuat yang baik bagi bangsa ini," katanya.

Sebelumnya, hasil survei Indo Barometer menyebutkan bahwa lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Lembaga Kepresidenan memperoleh kepercayaan tertinggi di mata publik dalam kurun satu tahun Pemerintahan Jokowi-JK.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, tingkat kepercayaan publik terhadap KPK mencapai 82 %, TNI 81 %, dan Kepresidenan RI 78,6 % brdasarkan hasil survei lembaga itu.
Dengan demikian, tiga lembaga tersebut dapat menjadi motor perubahan Indonesia dalam sektor hukum, keamanan, dan ekonomi.

Karena ketiganya saling berhubungan. Pemulihan dan pertumbuhan ekonomi membutuhkan kepastian keamanan dan hukum, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper