Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kena OTT, Panitera PTUN Medan Segera Amankan Dompet

Panitera PTUN Medan Segera Amankan Dompet ketika terkena operasi tangkap tangan oleh KPK
Kabar24.com, JAKARTA -- Panitera PTUN Medan Syamsir Yusfan langsung menyuruh supir honorer PTUN untuk mengamankan dompet yang
berada di dashboard mobil dinas yang segari-hari biasa digunakan Syamsir. Syamsir meminta Yudi untuk segera mengantarkan dompet tersebut pada istrinya.

"Itu dompet ada di dasboard kasih ke ibu," ujar Yudi ketika bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis
(8/10/2015) malam.

Awalnya Yudi tidak mengetahui isi dompet yang dititipkan Syamsir. Ketika sudah menyerahkan dompet tersebut kepada istri panitera, Yudi mengaku melihat isi dompet berupa pecahan mata uang Rupiah, Dollar, dan Ringgit. Namun, Yudi tidak mengetahui asal Syamsir memperoleh uang tersebut. "Bapak tidak pernah bilang pada saya," ujar Yudi.
 
Yudi mengaku mengetahui kejadian operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK pada 9 Juli 2015 karena pada hari yang sama dia berada di kantor PTUN Medan. Yudi melihat Syamsir berada di lobi PTUN Medan usai Gary ditangkap KPK.

Syamsir diduga menerima hadiah berupa uang sebesar USD2.000 dari Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti melalui OC Kaligis dan M. Yagari Bhastara alias Gary. Uang tersebut diduga diberikan untuk mempengaruhi putusan perkara yang ditangani oleh terdakwa terkait dengan kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos), Bantuan Daerah Bawahan (BDB), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH) yang ditangani oleh PTUN Medan.

Atas perbuatannya tersebut, terdakwa diancam pidana dalam pasal 11 dan pasal 12 huruf c UU no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan
tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper