Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABUT ASAP: Apindo Riau Nilai Pemerintah Tidak Solutif

Asosiasi Pengusaha Indonesia menilai pemerintah saat ini tidak fokus untuk menyelesaikan bencana kabut asap yang terjadi di wilayah Sumatra dan Kalimantan.
Kabut asap. /Antara
Kabut asap. /Antara

Bisnis.com, PEKANBARU – Asosiasi Pengusaha Indonesia menilai pemerintah saat ini tidak fokus untuk menyelesaikan bencana kabut asap yang terjadi di wilayah Sumatra dan Kalimantan.

Ketua Apindo Riau Wijatmoko Rah Trisno mengatakan seharusnya pemerintah fokus pada upaya penyelesaian penyebab timbulnya kabut asap yaitu kebakaran lahan dan hutan di wilayah Sumatra dan Kalimantan.

“Tetapi dari pemerintah tidak fokus menyelesaikan masalah itu, malah menterinya mengeluarkan pernyataan memberikan bantuan Rp900.000 bagi korban kabut asap, ini tidak solutif,” katanya, Selasa (6/10/2015).

Wijatmoko mengatakan kerugian yang ditimbulkan dari adanya bencana kabut asap di Riau setiap tahun nilainya sangat besar dan tidak mungkin dapat digantikan hanya dengan uang bantuan tersebut.

Menurutnya pemerintah harus mengerahkan seluruh kekuatan dan sumber daya yang dimiliki sehingga kebakaran lahan dan hutan yang terjadi dapat diselesaikan, serta ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum supaya menimbulkan efek jera.

Bahkan kata dia kalaupun Presiden Jokowi jadi datang ke Riau dalam waktu dekat, hendaknya sudah menyiapkan langkah konkret dan segera menetapkan kondisi saat ini sebagai bencana nasional.

“Tentunya kedatangan presiden kemari akan disambut positif apalagi kalau dalam tiga hari setelah kedatangan itu kabut asap hilang, itu artinya pemerintah benar-benar bekerja dan memberikan bukti nyata,” katanya.

Adapun sampai saat ini kabut asap di wilayah Sumatra termasuk Riau terus terjadi selama 18 tahun terakhir. Data asosiasi pengusaha menyebutkan kerugian yang dialami berbagai pihak akibat bencana ini nilainya mencapai lebih dari Rp20 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper