Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arak-arakan Obor Ramaikan Pembukaan Pekan Olahraga Medan

Untuk menyemarakan pembukaan Pekan Olahraga Kota Medan, pembukaan perhelatan tersebut dilakukan dengan mengarak obor yang berasal dari api abadi yang dibawa mengelilingi 21 kecamatan di Kota Medan.
Pekan Olahraga Kota Medan dibuka di Stadion Teladan Medan, ilustrasi/Antara
Pekan Olahraga Kota Medan dibuka di Stadion Teladan Medan, ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN-- Untuk menyemarakan pembukaan Pekan Olahraga Kota Medan, pembukaan perhelatan tersebut dilakukan dengan mengarak obor yang berasal dari api abadi yang dibawa mengelilingi 21 kecamatan di Kota Medan.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis menuturkan sifat api yang menyala diharapkan bisa berdampak pada pembinaan olahraga di Kota Medan penuh semangat. Dia mengatakan simbol api tersebut telah menjadi ritual rutin pada setiap acara olahraga.

Syaiful menyulutkan obor Pekan Olahraga Kota (Porkot) VII 2015 yang diambil dari lokasi api abadi di Komplek Johor Villa Permata Jalan Karya Kasih, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Lalu, obor tersebut finish di Stadion Teladan Medan sebagai tempat pembukaan Porkot.

“Hal ini harus menjadi semangat bagi kita semua, karena pada hakikatnya Kota Medan dahulunya memang kota atlet dan sekarang akan dibangkitkan kembali. Untuk itu, saya berharap memasuki tahun ketujuh Porkot, maka event ini lebih berkualitas dan menghasilkan atlet-atlet berkualitas,” papar Syaiful dalam siaran pers, Kamis (1/10/2015).

Adapun obor Porkot ini dibawa menggunakan mobil dengan diiringi sejumlah atlet sepatu roda dan suporter PSMS Medan. Sejak Porkot digelar, baru kali pertama road show berupa konvoi arak-arakan obor ini digelar.

Dipilihnya lokasi pengambilan api obor Porkot di kawasan Kecamatan Medan Johor itu bukan tanpa alasan, sebab api yang menyala sepanjang tahun itu pernah diambil untuk pelaksanaan SEA Games 1992 di Jakarta. Selain untuk menghargai sejarah, api itu simbol semangat untuk berlomba-lomba meraih prestasi.

Obor tersebut dapat menyukseskan Porkot VII yang akan diselenggarakan pada 3-10 Oktober 2015 dengan mempertandingkan 33 cabang olahraga dan memperebutkan 585 medali emas, 585 perak dan 766 perunggu dengan total medali 1.836 medali.

Melalui Porkot. VII, kata Syaiful, maka atlet-atlet dari Kota Medan mampu melahirkan atlet-atlet terbaik kota Medan dan siap berlaga di ajang yang lebih tinggi lagi, baik tingkat nasional maupun internasional. Syaiful menuturkan atlet Medan kini menjadi andalan Sumut dalam berbagai event olahraga. Tercatat, 70% atlet Sumut yang berlaga ke Pra POM berasal dari Kota Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper