Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK Gandeng Unpad

Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Audit Internal Manajemen Risiko dan Pengendalian Kualitas Ilya Avianti mengatakan kerja sama dengan Universitas Padjajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat atas karakteristik, layanan, dan produk Lembaga Jasa Keuangan (LJK)
OJK Logo
OJK Logo

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjalin kerja sama dengan Universitas Padjajaran Bandung dalam mendorong kemajuan sektor jasa keuangan serta peningkatan literasi keuangan serta perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan.

Ruang lingkup nota kesepahaman ini, meliputi penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan literasi keuangan dan perlindungan konsumen.

Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Audit Internal Manajemen Risiko dan Pengendalian Kualitas Ilya Avianti mengatakan kerja sama dengan Universitas Padjajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat atas karakteristik, layanan, dan produk Lembaga Jasa Keuangan (LJK) serta mendorong pemahaman masyarakat atas hak dan kewajibannya sebagai konsumen produk dan layanan LJK.

"Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya peningkatan dan perluasan akses masyarakat terhadap layanan dan produk LJK serta peningkatan kemampuan masyarakat melakukan perencanaan keuangan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (1/10/2015).

Dalam perjalanan pelaksanaan tugas dan wewenang OJK ditemukan hal-hal yang perlu diperbaiki, lanjutnya, masyarakat diharapkan berpartisipasi untuk melaporkan apabila terdapat fakta dan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh insan OJK melalui OJK Whistle Blowing System (WBS).

"Program kegiatan dalam kerja sama ini, penelitian bersama dan pemberian bantuan penelitian terkait dengan pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan Literasi Keuangan, dan Perlindungan Konsumen," ucap Ilya.

Kerja sama pengajaran dilaksanakan melalui penyusunan silabus mata kuliah dan modul terkait dengan pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan Literasi Keuangan, dan perlindungan konsumen, dan bantuan penyediaan tenaga pendidik dan nara sumber terkait dengan materi di sektor jasa keuangan.

Dia menuturkan kerja sama pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan antara lain pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik mengenai Literasi Keuangan dan Perlindungan Konsumen.

Selain itu kerja sama dilakukan dengan penyediaan gerai OJK di kampus Unpad sebagai sarana penyampaian informasi dan edukasi mengenai karakteristik, layanan, dan produk LJK, serta penyediaan akses untuk melakukan pengaduan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper