Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRAGEDI MINA: Indonesia Minta Peningkatan Aspek Keamanan & Keselamatan

Pemerintah Indonesia segera menjalin komunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan jamaah dalam pengelolaan ibadah haji pada masa yang akan datang.
Proses evakuasi korban tragedi Mina/Reuters
Proses evakuasi korban tragedi Mina/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Buntut dari insiden Mina, Pemerintah Indonesia segera menjalin komunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan jamaah dalam pengelolaan ibadah haji pada masa yang akan datang.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita atas meninggalnya lebih dari 700 jemaah akibat terinjak-injak di Jalan 204 saat menuju Jamarat untuk melontar jumrah, Kamis (24/9) pagi waktu Arab Saudi.

"Tentu saja pemerintah berkepentingan untuk bicara dengan Pemerintah Saudi untuk memastikan pengelolaan haji juga memberikan keamanan dan keselamatan jamaah haji kita," ujar Teten di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (25/9/2015).

Keamanan dan keselamatan penyelenggaraan ibadah haji, lanjutnya, sangat tergantung pada fasilitas yang disiapkan Pemerintah Arab Saudi, instansi terkait, dan panitia penyelenggaraan ibadah haji.

"Presiden berharap ini tidak terjadi lagi, terulang kembali. Ini kan sudah berkali-kali," tegasnya.

Teten menuturkan saat ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berada di Arab Saudi untuk mencari informasi dan berkomunikasi dengan pejabat Arab Saudi yang terkait. Dari sisi diplomasi,

Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi juga terus berkoordinasi dengan KJRI Jeddah.
 
Di dalam negeri, imbuh Teten, pemerintah terus memperbaiki pengelolaan ibadah haji. Tidak hanya dari sisi administrasi dan biaya, tetapi juga pendampingan dan pembekalan jamaah haji asal Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper