Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CRANE JATUH: Jemaah Haji Meninggal Asal RI Bertambah 3 Orang

Jumlah jamaah calon haji Indonesia yang meninggal pada musibah crane jatuh di Masjidil Haram, Mekkah bertambah tiga orang, menjadi 10 orang.
Crance ambruk di Mekah./bbc.com
Crance ambruk di Mekah./bbc.com

Bisnis.com, MEKAH - Jumlah jemaah calon haji Indonesia yang meninggal pada musibah crane jatuh di Masjidil Haram, Mekah, bertambah tiga orang menjadi 10 orang.

"Ini nama baru, belum ada dalam daftar yang luka sebelumnya," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) 1436H/2015M Arsyad Hidayat, di Mekah, Arab Saudi, Senin (14/9/2015) dini hari.

Tiga nama baru tersebut adalah Sriyana Marjosihono No Paspor B1188078 asal SOC 27, Masadi Saiman Tarimin No Paspor V222619 asal SUB 38 dan Siti Rukayah Abdu Samad No Paspor A2714350 kloter SUB 39.

Arsyad mengatakan tiga nama baru tersebut sebelumnya telah dilaporkan hilang, tidak kembali ke pemondokan setelah musibah crane tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya bersama tim perlindungan jamaah proaktif mencari keberadaan mereka ke rumah sakit Arab Saudi, dan akhirnya menemukan kematian tiga jemaah tersebut setelah verifikasi dan identifikasi di pemulasaran jenazah di Al Muaisim.

"Tim melakukan verifikasi dan identifikasi hingga pukul 01.00 dini hari waktu Arab Saudi," ujar Arsyad.

PPIH Daker Mekkah, lanjut dia, tetap membuka telepon khusus untuk menerima laporan dari keluarga atau kloter mengenai jemaah yang hilang, dan meminta ketua-ketua kloter terus memantau jemaah mereka dan segera melapor bila ada yang belum kembali.

"Kami akan terus masih akan terus memperbaharui data dan memonitor kondisi jamaah di rumah sakit Arab Saudi dan pemulasaran jenazah di Almuaisim," tutur Arsyad.

Pada Jumat (11/9/2015) sore hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan alat berat berupa crane yang menjadi peralatan perluasan Masjidil Haram roboh, dan menimpa jemaah yang ada di sekitar masjid terbesar itu.

Ratusan jamaah meninggal, 10 di antaranya dari Indonesia. Saat ini sekitar 23 jemaah Indonesia masih dalam perawatan di rumah-rumah sakit Arab Saudi, dan sebanyak 18 jemaah korban luka telah kembali ke pemondokan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper