Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rizal Ramli Bagi Kunci Sukses di Depan Mahasiswa

Menteri Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli berkesempatan mengisi kuliah umum di Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat.
Rizal Ramli/Antara
Rizal Ramli/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli berkesempatan mengisi kuliah umum di Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat.

Dia memberikan beberapa kunci meraih kesuksesan di depan ribuan mahasiswa baru. Menurutnya, terdapat tiga kunci sukses yang dia rangkum dalam 3G, yaitu gesit otak, gesit tangan, dan gesit gaul.

"Apa kunci sukses buat adik-adik semuanya, sederhana kunci sukses itu kuasai 3G. Yang pertama, gesit otak, pintar. Dengan modal gesit otak saja bisa berhasil," ucapnya, Senin (31/8/2015).

Selanjutnya, gesit tangan merupakan bagaimana seseorang cepat dalam mengambil inisiatif. Dia mencontohkan dengan penilaian terhadap stafnya yang kerja lembur sampai malam. Dia meyakini staf tersebut bakal menjadi orang sukses. Bahkan, dia tak segan mengirimkan stfnya yang gesit tangan itu untuk memberikan beasiswa ke universitas terbaik di luar negeri.

"Jadi orang gesit tangan dalam dunia kerja dan bisnis, itu lebih disenangi daripada orang pinter. Karena orang pinter sok, sombong, enggak mau gesit, enggak mau ambil inisiatif," jelasnya.

Yang terakhir, gesit gaul. Rizal menekankan gesit gaul bukanlah bergaul dalam dunia gemerlap, melainkan mengikuti organisasi, menggaet banyak teman, dan belajar kepemimpinan.

"Kalau saudara menguasai satu G dari tiga G ini, saudara pasti berhasil. Kalau menguasai gesit otak, gesit tangan, Saudara hebat. Kalau tiga, you can be anybody you want, kamu bisa jadi siapapun yang kamu mau," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper