Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahathir Galang Kekuatan Rakyat Gulingkan Najib Razak

Mantan pemimpin Malaysia Mahathir Mohamad, Minggu (30/8/2015), menyerukan gerakan kekuatan rakyat untuk menggulingkan Perdana Menteri Najib Razak.
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak/Reuters
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA-- Mantan pemimpin Malaysia Mahathir Mohamad, Minggu (30/8/2015), menyerukan gerakan "kekuatan rakyat" untuk menggulingkan Perdana Menteri Najib Razak.

"Cara satu-satunya untuk rakyat untuk mengembalikan sistem lama ialah mereka menggeser perdana menteri ini," kata Mahathir, 90 tahun, yang pernah menjadi penyokong Najib dan sekarang pengeritik paling pedasnya.

"Untuk menggeser dia, rakyat harus memperlihatkan kekuatan rakyat. Rakyat seluruhnya tidak menginginkan pemimpin korup seperti ini," kata Mahathir kepada media sebelum mengikuti unjuk rasa.

PM Najib selama beberapa pekan terakhir  dikecam menyusul laporan pemeriksaan lembaga investasi dana negara 1Malaysia Development Berhad (IMDB). Laporan itu menemukan pengiriman dana yang tak dijelaskan sebesar lebih 600 juta dolar ke rekening atas nama Najib.

Pada Sabtu (29/8/2015), ribuan pemerotes berkumpul di Kuala Lumpur untuk mengikuti unjuk rasa menuntut pengunduran diri Najib.

Para pemrotes berharap dapat memantik gerakan kekuatan rakyat yang mendepak Najib, tetapi para pengulas politik meragukan ia akan ditumbangkan.

Keamanan diperketat dan akses ke alun-alun tempat para pemerotes berencana untuk berkumpul dirintangi.

Portal Malaysiakini menyebut sebanyak 50.000 orang telah berkumpul pada Sabtu siang tetapi polisi menyatakan jumlah pengunjuk rasa setengahnya.

Para pemerotes membawa karton bertuliskan "Keluar, Najib, keluar" dan meniup terompet serta meneriakkan "bersih".

Deposito

Bersih juga merupakan sebuah organisasi pro-demokrasi yang berada di belakang unjuk rasa dua hari di Kuala Lumpur dan dua kota utama di negara bagian Malaysia yang berada di Kalimantan.

Sejumlah menteri dalam kabinet kini mengakui bahwa Najib telah menerima dana tersebut dalam bentuk deposito ke dalam rekening pribadinya sejak 2013. Fakta itu pertama kali terungkap oleh laporan investigasi dari Wall Street Journal pada bulan lalu.

Najib beberapa bulan sebelumnya menghadapi tekanan terkait tudingan hilangnya sejumlah besar uang dalam kesepakatan bisnis yang melibatkan 1MDB, yang dibentuk oleh Najib pada 2009.

Najib dan 1MDB dengan keras membantah telah melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Sejumlah menteri dalam kabinet menerangkan bahwa uang yang diterima Najib merupakan "sumbangan politik" dari sejumlah sumber Timur Tengah yang tidak diketahui identitasnya. Menteri-menteri itu juga menegaskan bahwa tidak ada tindakan Najib yang melanggar hukum.

Ditutup

Rekening Najib sejak saat itu ditutup dan belum ada yang mengetahui di mana uang senilai lebih 600 juta dolar AS itu.

Terungkapnya kasus ini kemudian memicu kemarahan publik Malaysia, termasuk anggota dari partai Najib berasal.

Pemerintah Malaysia sudah melarang satu surat kabar untuk beredar selama tiga bulan karena dinilai terlalu agresif dalam memberitakan skandal Najib. Di sisi lain, pemerintah juga mengancam akan memenjarakan siapapun yang memberitakan hal sama dengan tudingan melawan pemerintah.

Partai Najib berasal, UMNO, telah menguasai Malaysia sejak negara itu merdeka dari Inggris pada 1957. Namun, perolehan suara UMNO terus menurun dalam beberapa tahun terakhir akibat sejumlah skandal korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper