Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sebab Indonesia Jadi Pangkalan Kejahatan Cyber Warga Asing

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Brigjen Pol. Victor Edison Simanjuntak mengatakan tak sedikit warga negara asing yang melakukan praktik cyber crime di Indonesia,
Ilustrasi/mirror.co.uk
Ilustrasi/mirror.co.uk

Kabar24.com, JAKARTA -- Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Brigjen Pol. Victor Edison Simanjuntak mengatakan tak sedikit warga negara asing yang melakukan praktik cyber crime di Indonesia,

Hal itu, ujar Victor, bisa terjadi lantaran lemahnya pengawasan terhadap warga asing yang masuk ke Indonesia.

"Iya kelemahan karena begitu gampangnya mreka masuk ke Indonesia ini, kan gitu. Karena mereka [WNA] bisa melakukan di Indonesia, kalau dia melakukan di sana, di negara asalnya, mereka sudah bisa langsung termonitor," kata Victor di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Karena itu, menurut Victor harus ada cyber security guna mengawasi kejahatan di dunia cyber.

Victor mengungkap negara lain sudah lebih maju soal pengawasan dunia cyber, sehingga segala aktivitas kejahatan dapat terpantau oleh penegak hukum.

Dia mencotohkan kasus narkotika yang baru saja dibongkar Bareskrim di Bandung melibatkan warga negara asing. Para WNA itu diduga terlibat kejahatan cyber berupa penipuan.

"Artinya bahwa jika ada orang yang menggunakan dunia maya dalam kegiatan-kegiatan tertentu, itu bisa kita monitor, makanya kan penggunaan telekomunikasi dalam jumlah besar, itu harus melaporkan diri. Tapi kalau di Tiongkok, Taiwan, dan Hongkong itu ada," katanya.

Karena itu, dia meminta seluruh pihak seperti imigrasi, Kemenlu, dan Kemenkominfo memperhatikan hal tersebut tak hanya kepolisian. Sehingga pencegahannya bersifat komprehensif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper