Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kesepakatan AS-Rusia di Forum AEM 2015

Negara-negara ASEAN berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Amerika Serikat dan Rusia dalam hal perdagangan.
Ilustrasi/asean.org
Ilustrasi/asean.org

Bisnis.com, JAKARTA – Negara-negara ASEAN berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Amerika Serikat dan Rusia dalam hal perdagangan.

Hal itu menjadi salah satu fokus dalam pertemuan tingkat menteri ASEAN (AEM) ke-47 di Kuala Lumpur pada Rabu (26/8/2015). Berdasarkan siaran pers Kementerian Perdagangan, pertemuan itu dipimpin Menteri Perdagangan Internasional dan Perindustrian Malaysia Dato’ Sri Mustapa Mohamed.

Dalam pertemuan tersebut, pihak United States Trade Representatives (USTR) yang dipimpin Michael Froman membahas perkembangan kerja sama ASEAN-US Trade and Investment Framework Arrangement (TIFA) dan the Expanded Economic Engagement (E3) Initiatives Work Plan for 2015.

Pertemuan ini mendukung usulan Indonesia untuk menurunkan ambisi USTR terkait proposal Shared Principles for International Investment, the Trade Principles on ICT, dan ASEAN-US Best Practices on Transparency and Good Regulatory Practices.

AS juga menyampaikan optimismenya akan kesuksesan Pertemuan Menteri Anggota WTO di Nairobi pada Desember 2015.

ASEAN juga menyampaikan apresiasi kepada AS atas kegiatan kerja sama dalam proyek-proyek yang telah dilakukan. Begitu juga dengan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini seperti  Workshop on Trade and Environment Dialogue yang akan diselenggarakan di Malaysia pada Oktober 2015.

Sementara itu, pertemuan dengan Rusia dalam forum AEM-Russia Consultation, pihak Rusia yang dipimpin Minister of Economic Development Rusia Alexey V.

Ulyukaev menyepakati 57 proyek baru usulan Rusia. Proyek ini merupakan kerja sama bisnis untuk dijadikan sebagai lampiran dari Work Programme Post 2015. Diharapkan implementasinya melibatkan Russia-ASEAN Business Council dan ASEAN Business Advisory Council.

ASEAN dan Rusia juga menyepakati Program Kerja Sama dan Investasi ASEAN-Russia (ASEAN-Russia Trade and Investment Cooperation Work Programme) Post 2015 yang merupakan kelanjutan dari Program Kerja (Work Programme) 2012-2015.

Berdasarkan data yang dilansir Kementerian Perdagangan, total perdagangan ASEAN dengan AS pada 2014 mencapai US$212,4 miliar yang menempatkan ASEAN sebagai mitra dagang ke-4 terbesar AS.

Indonesia menduduki urutan ke-4 di ASEAN bagi pasar AS. Sementara itu investasinya mencapai US$204 miliar pada 2013, tumbuh 9,1% dibandingkan 2012.

Sedangkan dengan Rusia, total perdagangan ASEAN mengalami peningkatan sebesar 13% dari US$19,9 miliar pada 2013 menjadi US$22,5 miliar tahun lalu. Rusia adalah mitra dagang ASEAN terbesar ke-8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper