Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspadai Bencana, Indonesia Terapkan Town Watching Seperti di Jepang

Kesamaan kondisi geografis Indonesia-Jepang yang mengakibatkan indonesia dan Jepang nyaris memili kesamaan jenis bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi dan tsunami.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesamaan kondisi geografis Indonesia-Jepang yang mengakibatkan indonesia dan Jepang nyaris memili kesamaan jenis bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi dan tsunami.

Berkaca dari negeri sakura dalam peringatan dini akan bencana alam, Indonesia menerapkan town watching penanggulangan bencana.

Town watching penanggulangan bencana merupakan suatu program bagi orang yang bermukim di suatu wilayah dengan cara berkeliling wilayah melihat dan memahami tempat-tempat berbahaya ketika terjadi bencana maupun fasilitas untuk keselamatan, kemudian memikirkan sendiri langkah pengatasan dan antisipasi terhadap bahaya.

Town Watching mempunyai empat poin penting, yaitu observasi dengan kegiatan berkeliling kota, membuat peta hasil observasi, diskusi untuk pemecahan masalah, serta presentasi.

"Town watching ini melibatkan warga, anak sekolah atau mahasiswa. Jadi bersama-sama memahami tempat-tempat berbahaya di sekitar lingkungan tempat tinggal dan untuk mengetahui tempat dan fasilitas yang bermanfaat pada saat terjadi bencana," ujar koordinator penelitian LIPI, Irina Rafliana dalam Workshop dan Expose Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS)” di Hotel Millenium, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Dalam town watching penanggulangan bencana setelah kegiatan observasi kota, hal-hal yang dianggap sebagai masalah perlu dipikirkan cara memperbaikinya. Dalam lingkup terkecil dapat dilakukan oleh individu, keluarga, atau perkumpulan warga setempat seperti rukun warga.

"Jika kita hanya menunggu dan mengandalkan orang lain untuk membuat kota tempat kita tinggal menjadi aman, akan membutuhkan banyak waktu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper