Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Melambat, Jumlah Penumpang Garuda Malah Naik 21%

-Meski tren perekonomian Indonesia menunjukkan perlambatan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Manado masih mencatatkan kenaikan jumlah penumpang hingga 21% per semester I/2015.
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, MANADO--Meski tren perekonomian Indonesia menunjukkan perlambatan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Manado masih mencatatkan kenaikan jumlah penumpang hingga 21% per semester I/2015.

Adapun, sampai akhir tahun ini, Garuda Branch Office Manado menargetkan pertumbuhan jumlah penumpang mampu tumbuh 30%. “Misalkan, kami gencar melakukan pameran atau memberikan promo-promo menarik untuk konsumen,” kata General Manager Garuda Indonesia Branch Manado Dedy Irawan di Manado, seperti dikutip Bisnis.com, Minggu (23/8/2015).

Menurutnya, target kenaikan jumlah penumpang memang cukup menantang di tengah perlambatan ekonomi domestik maupun internasional. Untuk itu, pihaknya saat ini memprioritaskan efisiensi, termasuk pengetatan belanja.

Pada April lalu, Garuda untuk pertama kalinya membuka jalur penerbangan Manado-Denpasar dan sebaliknya dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG berkapasitas 162 penumpang .

Rute tersebut dilakukan satu kali perjalanan pulang pergi setiap harinya dengan jadwal penerbangan dari Denpasar (GA 624) berangkat pukul 12.20 WITA dan tiba di Manado pada pukul 14.55 WITA. Pesawat terbang kembali dari Manado (GA 625) pada pukul 15.45 WITA dan akan tiba di Denpasar pada pukul 18.10 WITA.

Dirinya mengungkapkan pembukaan rute itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Manado yang akan pergi ke Bali. Apalagi, lanjutnya, banyak warga Manado yang memilih liburan ke Bali sehingga pihaknya optimistis akan memperoleh penumpang yang lebih besar karena pasar yang menjanjikan.

“Kami telah mengantongi sekitar 200 tiket penerbangan Manado-Denpasar pada periode Juni-Juli 2015,” tekannya.

Tidak hanya itu, Garuda juga masih aktif menggelar promo perjalanan ke luar negeri dengan tujuan Hongkong, Jepang, dan Korea Selatan untuk mencapai target kenaikan jumlah penumpang tahun ini.

Bahkan, dalam waktu dekat, Garuda berencana kembali menggelar Travel Fair di Manado. Sebelumnya, Garuda telah menggelar Travel Fair selama tiga hari berturut-turut di Manado dan membukukan penjualan tiket 96% dari target Rp5miliar, atau Rp4,8 miliar. Travel Fair tersebut diadakan di Manado Town Square.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper