Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malang Ingin Pertahankan Predikat Kota Sehat Se-Indonesia

Kota Malang terus memperkokoh sebagai Kota Sehat dengan berbagai pembuatan regulasi maupun program serta realisasinya.
Kota Malang/Ilustrasi
Kota Malang/Ilustrasi

Bisnis.com, MALANG - Kota Malang terus memperkokoh sebagai Kota Sehat dengan berbagai regulasi maupun program serta realisasinya.

Ketua Forum Malang Kota Sehat  Hari Noto mengatakan Kota Malang telah mendapat enam penghargaan Kota Sehat 2003, 2005, 2007, 2009, 2011, dan 2013. 

“Bahkan pada 2010, Forum Malang Kota Sehat mendapat reward dari WHO dengan mengikuti konverensi internasional,” ujarnya, Kamis (20/8/2015).

Kota sehat memiliki 3 indikator, yaitu indikator pokok, indikator umum, dan indikator tatanan.

Salah satu isi dari indikator pokok adalah wajib belajar sembilan tahun. Realisasinya, Pemkot  Malang telah membebaskan biaya wajib belajar 9 (sembilan) tahun sejak dipimpin Wali Kota Malang Mochamad Anton.

Inovasi-inovasi baru di antaranya dengan menjadikan Kota Malang Bebas Rokok melalui Perda Kota Tanpa Rokok,100% kecamatan dan kelurahan sehat, dan 1 orang mahasiswa menanam 1  pohon. 

Dana corporate social responsibility (CSR) digunakan Pemkot  memperindah taman-taman disemua sudut Kota Malang, seperti Taman Merbabu, Taman Kunang-Kunang, Taman Trunojoyo dan masih banyak lagi.

Wali Kota Malang Mochamad Anton mengatakan salah satu indikator non-infrastruktur yang menjadi perhatian pemerintah Kota Malang adalah bidang kesehatan.

Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah Kota Malang bersama masyarakat dan seluruh stakeholder adalah dengan turun ke lapangan sekurang-kurangnya 2 minggu sekali untuk melihat secara langsung keadaan kesehatan di lingkungan masyarakat.

Bukti upaya pemerintah Kota Malang telah membuahkan hasil yaitu Kota Malang menjadi Kota Layak Anak karena pemda dinilai memperhatikan kesehatan masyarakatnya sejak masih di dalam kandungan.

“Harapannya kehadiran Tim Verifikasi Program Kota Sehat Nasional ini, memberikan suatu masukan dan penghargaan dalam upaya memacu Kota Malang meraih prestasi-prestasi nasional lainnya,” ujarnya di sela-sela menerima kunjungan Tim Verifikasi Program Kota Sehat Nasional 2015.

Ketua Tim Verifikasi Program Kota Sehat Tingkat Nasional, Prayit Susilo Aji  mengatakan kedatangan tim ini untuk  melakukan verifikasi atau pengumpulan data dan fakta yang belum lengkap dalam dokumen yang telah diajukan oleh pemerintah Kota Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper