Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumbar Pugar Rumah Kelahiran Tan Malaka

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana mengalokasikan anggaran untuk pemugaran sejumlah rumah pahlawan asal daerah itu.
Tan Malaka/Antara
Tan Malaka/Antara

Kabar24.com, PADANG-- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana mengalokasikan anggaran untuk pemugaran sejumlah rumah pahlawan asal daerah itu.

Penabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek mengatakan, banyak pahlawan asal Sumbar yang berjasa untuk Republik Indonesia namun belum terperhatikan dengan baik.

"Prinsipnya (pemugaran) dibiayai APBN dan dimungkinkan untuk dibiayai melalui APBD provinsi atau kabupaten/kota," katanya, Selasa (18/8/2015).

Dia mengatakan akan mengkomunikasikan dengan pemerintah daerah kabupaten/kota dan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) untuk mengalokasikan anggaran bagi pemugaran rumah kelahiran pahlawan nasional.

Menurutnya, pahlawan asal Sumbar memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan RI, seperti Muhammad Hatta, Tan Malaka, dan Sutan Syahrir. Namun, perhatian maksimal terhadap peninggalan para tokoh tersebut cenderung diabaikan.Kami mendorong bagaimana tokoh seperti Tan Malaka mendapatkan porsi yang baik di mata masyarakat Minang dan dunia.

"Pemikiran beliau sangat mendunia," ujarnya.

Sekretaris Daerah Pemprov Sumbar Ali Asmar menyebut, pemugaran rumah pahlawan juga menjadi usulan dalam kegiatan kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 23 Agustus mendatang. Artinya bagaiamana membesarkan tokoh-tokoh pejuang yang berasal dari Sumbar, sehingga menjadi pelajaran bagi generasi mendatang, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper