Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Dirut Pertamina Widya Purnama Tutup Usia

Mantan Direktur Utama Pertamina yang juga mantan Direktur Utama Indosat, Widya Purnama, meninggal dunia di Singapura hari ini, Selasa (18/8/2015).
Widya Purnama. /Antara
Widya Purnama. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Mantan Direktur Utama Pertamina yang juga mantan Direktur Utama Indosat, Widya Purnama, meninggal dunia di Singapura hari ini, Selasa (18/8/2015).

Saiaran pers Pertamina menyatakan Widya Purnama yang pernah menjadi direktur utama di perusahaan minyak itu tutup usia di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura)  pada usia 61 tahun.

Widya merupakan pria kelahiran Pare-Pare, 26 Juli 1954 dan menduduki posisi Direktur Utama Pertamina pada 11 Agustus 2004 sampai dengan 8 Maret 2005.

Siaran pers Pertamina menyatakan semasa kepemimpinan Widya, sejumlah inisiatif dan prestasi dicapai oleh Pertamina. Pada tahun 2005, Pertamina berhasil meningkatkan produksi minyak dari 48,4 MMBO di tahun 2004 menjadi 49,6 MMBO di tahun 2005.

Kinerja keuangan Pertamina pada tahun 2005 juga meningkat dengan laba bersih 27,4% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Widya juga menggagas pembaruan logo Pertamina.

Filosofi logo baru tersebut tidak hanya membawa Pertamina fokus pada bisnis energi tapi juga berkomitmen pada lingkungan. Warna hijau mencerminkan ramah lingkungan, biru mencerminkan kehandalan operasi serta SDM Pertamina dalam bersaing serta merah mencerminkan keuletan, ketegasan, dan keberanian dalam menghadapi berbagai macam kesulitan. Dari segi budaya kerja, Widya melanjutkan transformasi budaya dalam tubuh Pertamina dimana insan Pertamina dipacu lebih keras untuk lebih kompetitif dan fokus melayani pelanggan Pertamina.

Salah satu milestone terpenting semasa Widya menjabat sebagai direktur utama adalah berhasilnya Pertamina mendapatkan 45% bagian dalam pengelolaan Blok Cepu. Pencapaian ini berkontribusi besar bagi peningkatan produksi migas Pertamina.

"Ini merupakan sebuah kehilangan yang luar biasa besar bagi keluarga besar Pertamina dan bangsa Indonesia. Almarhum adalah sosok inspiratif bagi insan Pertamina untuk senantiasa berdedikasi dan berkomitmen memberikan yang terbaik tidak hanya bagi perusahaan namun juga bagi nusa dan bangsa," tutur Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Sebelum memimpin Pertamina, Widya pernah menjadi Direktur Utama Indosat. Kepemimpinan Widya di Indosat menghadapi tantangan berat ketika perusahaan telekomunikasi itu mengalami perubahan kepemilikan dari BUMN menjadi PMA.

Jenazah Widya masih berada di Singapura dan akan dimakamkan besok (19/8) di TPU Layur Rawamangun, Jakarta Timur. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Setyardi Widodo
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper