Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penggabungan Perguruan Tinggi dan Riset Cikal Bakal Penguatan Sektor Industri

Direktur, Direktorat Jenderal Penguatan Inovas Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jumain Appe mengatakan bahwa target pemerintah dalam beberapa tahun kedepan untuk meningkatkan teknologi serta dunia industri tak hanya sekedar hilirisasi penelitian pada industri, tapi sebagai salah daya saing terutama dalam menyongsong persaingan global. Penggabungan PT dengan Riset merupakan salah satu tahapan menuju cita-cita tersebut.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters
Bisnis.com,  JAKARTA -- Direktur Direktorat Jenderal Penguatan Inovas Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jumain Appe mengatakan target pemerintah dalam beberapa tahun kedepan untuk meningkatkan teknologi serta dunia industri  tak hanya sekedar hilirisasi penelitian pada industri, tapi sebagai salah daya saing terutama dalam menyongsong persaingan global. Penggabungan PT dengan Riset merupakan salah satu tahapan menuju cita-cita tersebut.
 
“Keinginan kita agar pemanfaatan hasi riset itu bisa sampai meningkatkan daya saing. Peggabungan ristek dan dikti ini memang sangat strategis. Sebetulnya SDM kita sangat kuat, tapi karena sinergi belum optimal jadi masih terbatas,” jelas Jumain dalam seminar kebangkitan industri nasional berbasis kemampuan iptek anak bangsa, di gedung BPPT, Jakarta, Senin (3/8/2015).
 
Dia pun menyebut, tujuan utama peningkatan ekonomi dalam rencana pembanguna jangka menengah (RPJM) adalah melalui bidang teknologi yang kuat. Sehingga kemitraan antara akademisi bisni dan pemerintahan harus ditingkatkan. Seperti industri elektronik bekerjasama dengan PT untuk mengembangkan berbagai teknologi dengan visi yang sama.
 
“Gimana kita bisa dorong nilai tambah lewat penguatan inovasi,” kata Jumain.
 
Ditempat yang sama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrsistek Dikti), M. Nasir mengatakan perlu ada kerjasama antara, pihak pemerintah, produsen dan konsumen dalam mementaskan hilirisasi riset. Dia berharap Direktorat Inovasi mampu memetakan hasil penelitian dan lembaga riset guna membuat jalur hilirisasi penelitian.
“Untuk menjadikan riset itu tidak hanya sekedar hasil penelitian semata, namun bermanfaat.
 
 
Secara aktif memfasilitasi kerjasama, agar dihasilkan produk inovasi,” katanya paska pelantikan Dirjen Inovasi.
 
Tak hanya itu, Nasir menegaskan agar ada penguatan dan pengembangan pada riset yang pernah dilakukan. Bahkan Direktorat inovasi bisa menjadi penghubung antara riset diluar PT dan menyinergikannya dengan PT dan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper