Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilmuwan Harvard University Akan Datangi Pusat Penelitian Konservasi

Sejumlah ilmuwan internasional dari Universitas Harvard Amerika Serikat akan hadir pada perayaan 30 tahun berdirinya Stasiun Penelitian Cabang Panti.

Kabar24.com, PONTIANAK – Sejumlah ilmuwan internasional dari Universitas Harvard Amerika Serikat akan hadir pada perayaan 30 tahun berdirinya Stasiun Penelitian Cabang Panti.

Dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, kegiatan atas kerjasama Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), Yayasan Palung, Gunung Palung Orangutan Project dan JICA IJ-REDD+ itu ingin mempertemukan para peneliti yang puluhan tahun melakukan penelitian di TNGP dengan pekerja konservasi.

Sejumlah ilmuwan yang akan hadir dalam kegiatan GP30+ seperti Mark Leighton dan Campbell Webb keduanya ahli primatologi dan botani dari Harvard University.

Ilmuwan lainnya, Andrew Marshall ahli primatologi dan botani dari Michigan University, Cheryl Knott merupakan Executive Director Yayasan Palung juga ahli primatologi dan antropologi dari Boston University, Suci Utami Atmoko ahli primatologi dan ekologi dari Universitas Nasional Indonesia serta Tim Laman seorang fotografer alam liar dari majalah National Geographic International.

Sebagai informasi, Cabang Panti merupakan tempat penelitian ilmiah yang sangat penting di Kalbar sejak puluhan tahun dan menjadi tempat penelitian oleh berbagai universitas dan lembaga ilmiah dalam dan luar negeri.

Para peneliti melakukan proyek The Gunung Palung Orangutan Project yang telah berusia 23 tahun dan the Gunung Palung Gibbon and Leaf Monkey Project berumur 15 tahun.

Cheryl Knott mengatakan kegiatan GP30+ selain ingin memperluas informasi adanya kawasan penelitian penting di kawasan TNGP juga supaya masyarakat mengetahui adanya pertemuan para peneliti lama dan baru, dan pekerja konservasi TNGP dan internasional yang pernah bekerja di kawasan dilindungi itu sejak dulu.

Adapun kegiatan itu mulai dari Simposium 30 tahun stasiun penelitian cabang panti di Hotel Mahkota Kayong Kabupaten Sukadana.

Malamnya dilanjutkan dengan ramah tamah keanekaragaman hayati di Pantai Pulau Datok Kabupaten Sukadana, dilanjutkan kunjungan ke Pusat Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung pada 7 Agustus 2015, dan pada 8-14 Agustus 2015, kunjungan ke Stasiun Penelitian Cabang Panti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper