Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMBPTN 2015: Tiga Ribu Lebih Peserta Berebut 1.300 Kursi

Sebanyak 3.107 lulusan SMA/sederajat yang terdaftar sebagai peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMBPTN) Tahun 2015 akan memperebutkan sekitar 1.300 kursi yang tersedia melalui jalur penerimaan tersebut.
SBMPTN/Antara
SBMPTN/Antara

Kabar24.com, BANDA ACEH-- Sebanyak 3.107 lulusan SMA/sederajat yang terdaftar sebagai peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMBPTN) Tahun 2015 akan memperebutkan sekitar 1.300 kursi yang tersedia melalui jalur penerimaan tersebut.

Tiga ribuan peserta yang terdiri dari 973 orang pemilih IPA, 885 orang pemilih IPS, dan 1.249 orang pemilih IPC itu mengikuti ujian tulis di kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Banda Aceh, Minggu.

"Dari total yang mendaftar tersebut ada 162 orang peserta tidak hadir untuk mengikuti ujian tersebut. Peserta tidak hadir itu terdiri dari 69 orang pemilih IPA, 35 orang pemilih IPS dan 58 orang pemilih IPC," katan Kepala Humas Unsyiah, Ilham Maulana di Banda Aceh, Minggu (2/8/2015).

Dijelaskan, jumlah peserta pada tahun 2015 itu lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya yakni dengan jumlah sebanyak 3.783 orang yang mendaftar sebagai peserta UMB-PT Panlok Unsyiah.

Unsyiah akan menerima 20 persen, atau sekitar 1.300 orang, dari jumlah mahasiswa baru dari jalur UMBPTN, sementara 50 persen diterima dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan 30 persen dari jalur SBMPTN.

UMBPTN adalah jalur mandiri masuk ke PTN yang dilakukan oleh 12 PTN di Indonesia secara , masing-masing Unsyiah, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Universitas Teuku Umar Meulaboh, Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara Medan, Institut Seni Indonesia Padangpanjang dan Universitas Jambi, Jambi.

Selanjutnya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Universitas Terbuka, Universitas Udayana, Bali, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dan Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara.

"Animo masyarakat untuk masuk ke PTN melalui jalur mandiri ini memang agak rendah, mengingat Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar oleh mahasiswa yang lulus melalui jalur UMBPTN ini relatif lebih mahal dibanding dengan kedua jalur lainnya, yaitu SNMPTN dan SBMPTN," katanya.

Dia menambahkan informasi detail tentang biaya Uang Kuliah Unsyiah jalur mandiri ini sudah dirilis di situs resmi www.unsyiah.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper