Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertemuan Aseanapol: Polisi Asean Bahas Kinerja di Jakarta

Kepolisian Negara Republik Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi polisi kawasan Asean atau Aseanapol ke-35 di Jakarta selama 3-7 Agustus. Konferensi akan membahas isu-isu strategis terkait penegakan hukum serta kerjasama antarpolisi di Asean.
Ilustrasi/rfa.org
Ilustrasi/rfa.org

Kabar24.com, JAKARTA -- Kepolisian Negara Republik Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi polisi kawasan Asean atau Aseanapol ke-35 di Jakarta selama 3-7 Agustus. Konferensi akan membahas isu-isu strategis terkait penegakan hukum serta kerjasama antarpolisi di Asean.

Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Pol. Budi Gunawan mengungkapkan, Polri akan menjadikan Aseanapol sebagai forum pembahasan kinerja dan evaluasi kinerja kepolisian di kawasan Asean.

"Artinya kita mengevaluasi pekerjaan kepolisian. Sebab itu, perlu dijadikan pembahasan dalam pertemuan itu, perlu kerjasama dalam pengungkapan kejahatan," kata Budi Waseso di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Salah satu isu strategis yang akan diangkat dalam forum itu adalah proses hukum terhadap warga negara asing yang melakukan tindak pidana di negara-negara Asean.

Komjen Buwas mencotohkan pelaku korupsi yang melarikan diri ke Singapura, menyulitkan Polri untuk memeriksanya.

Selain itu akan dibahas pula mengenai upaya pencegahan kasus penyelundupan narkotika dan kejahatan lain di kawasan Asean.

Polri, lanjut Kabareskrim, menginginkan kepolisian Asean dapat menjalin kerja sama lebih baik untuk membantu proses penegakan hukum ke depannya.

"Kalau ditemukan warga negara asing di negaranya yang melakukan kejahatan ya harus dikerjasamakan. Jika hambatan itu berkaitan dengan negara lain itu kita prioritaskan, karena masing-masing negara harus mencegah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper