Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, Sekarang di Bandung Bikin Akta Kelahiran Bisa Lewat Internet

Wah, Sekarang di Bandung Bikin Akta Kelahiran Bisa Lewat Internet
Ilustrasi/Spdi
Ilustrasi/Spdi

Kabar24.com, JAKARTA - Sudah tidak zaman lagi mengantre untuk membuat akta kelahiran. Di Kota Bandung, Dinak Kependudukan dan Catatan Sipil mengeluarkan inovasi pembuatan akta kelahiran melalui sistem online.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung Popong W Nuraeni, sistem daring pembuatan akta kelahiran baru diluncurkan bulan lalu. "Intinya kita ingin memberikan kemudahan untuk masyarakat. Dengan sistem online, kehadiran warga di kantor Disduk bisa diminimalisir," kata Popong di Bandung, Ahad, 2 Agustus 2015.

Lebih lanjut Popong menjelaskan, kendati belum secara resmi diluncurkan, akta kelahiran online cukup mendapat antusias positif dari masyarakat Kota Bandung. Tercatat sejak diluncurkan satu bulan lalu, sistem daring telah diakses sebanyak 108 pemohon.

Untuk dapat menggunakan kemudahan ini. Warga cukup mengakses website resmi disdukcapil.bandung.go.id atau aktaonline.bandung.go.id. Tidak hanya lewat komputer biasa, aplikasi ini juga dapat diakses melalui telepon pintar. "Cukup dengan klik dan ikuti tahapannya. Lalu print out sebagai bukti pendaftaran untuk kita verifikasi di kantor Disdukcapil. Dua tiga hari sudah selesai," akunya.

Meski demikian, kemudahan yang diterapkan Disdukcapil baru sebatas melayani pembuatan akta kelahiran secara umum. Pasalnya Disdukcapil belum memiliki server khusus untuk pelayanan data dan dokumen kependudukan. "Kita baru bisa melayani online untuk akta kelahiran umum usia 0-60 hari. Selebihnya belum dapat diakses karena kita masih belum memiliki server khusus. Jadi belum dapat maksimalkan dengan baik," imbuhnya.

Namun begitu, Disdukcapil Kota Bandung bertekad untuk dapat memberikan semua bentuk pelayanan kependudukan sistem daring di tahun 2016.
"Kita targetkan di tahun 2016 semua bentuk pelayanan kependudukan sistem online ini sudah dapat diakses oleh masyarakat. Pak Wali juga sudah memberikan support agar sistem online yang sedang kita rintis ini dapat berjalan sesuai harapan," tandasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper