Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amerika Serikat Kirim 8 Pesawat F-16 Ke Mesir

Amerika Serikat akan mengirimkan delapan pesawat tempur F-16 Block 52 ke Mesir dalam dua hari mendatang, kata kedutaan besar AS di Kairo dalam sebuah pernyataan pada Kamis (30/7/2015).
Pesawat jet tempur F-16/Reuters
Pesawat jet tempur F-16/Reuters

Bisnis.com, KAIRO -  Amerika Serikat akan mengirimkan delapan pesawat tempur F-16 Block 52 ke Mesir dalam dua hari mendatang, kata kedutaan besar AS di Kairo dalam sebuah pernyataan pada Kamis (30/7/2015).

Pengiriman itu merupakan bagian dari paket militer yang telah dibekukan awal tahun ini.

Pernyataan itu menyebutkan Washington juga akan mengirimkan empat pesawat F-16 lagi ke Mesir pada musim gugur ini.

Hubungan antara kedua negara telah mencair setelah mantan Presiden Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslim digulingkan oleh militer pada 2013 setelah berlangsungnya unjuk rasa secara massal yang menentang kepemimpinannya.

Sementara itu, hubungan AS dengan mantan jenderal Abdel Fattah al-Sisi, yang kemudian terpilih untuk menggantikan Mursi, selama ini terus meningkat.

Pada akhir Maret, Presiden AS Barack Obama mencabut pembekuan pasokan persenjataan ke Mesir. Ia memberi izin bagi pengiriman senjata-senjata AS ke negara itu dengan nilai lebih dari US$1,3 miliar  (Rp17,5 triliun).

Pada saat itu, Obama memerintahkan pengiriman 12 pesawat F-16 Lockheed Martin, 20 peluru kendali Harpoon Boeing, dan sekitar 125 perangkat tank Abrams M1A1 buatan General Dynamics.

Bulan lalu, Washington mengirimkan dua kapal angkatan laut ke Mesir, yang dengan demikian menggandakan keseluruhan armada kapal berpeluru kendali Fast Missile Craft milik Kairo menjadi empat.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan berada di Mesir pada Minggu untuk melakuan "dialog strategis", yang terakhir kali dilangsungkan kedua negara pada Desember 2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS/ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper