Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Terima Presiden Turki di Istana Bahas Kerja Sama Ini

Presiden Joko Widodo menerima Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan upacara penyambutan tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta.
Presiden Turki Tayyip Erdogan (kanan)/Reuters
Presiden Turki Tayyip Erdogan (kanan)/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan upacara penyambutan tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Turki beserta rombongan tiba di Istana Merdeka pada pukul 15.30 WIB, dan sudah ditunggu Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi di teras Istana Merdeka. Kedatangannya pun langsung disambut dengan 21 dentuman meriam sebagai bagian dari upacara kemiliteran.

Kedatangan Presiden Erdogan ke Indonesia kali ini bertujuan mempererat kerja sama ekonomi, pendidikan, dan industri pertahanan kedua negara.

Kedua presiden itu juga akan membicarakan kepentingan Indonesia dan Turki dalam menghadapi isu global, seperti pemberantasan terorisme, kondisi Timur Tengah, dan penanganan irregular movement of people.

Selain menyambut Presiden Turki secara militer, Presiden Jokowi juga dijadwalkan melakukan jamuan makan malam kenegaraan untuk menghormati kunjungan Presideid Turki dan rombongan.

Sekadar diketahui, kunjungan Presiden Erdogan kali ini merupakan kunjungan keempatnya. Akan tetapi, tiga kunjungan sebelumnya dilakukan sebagai Perdana Menteri Turki.

Turki sendiri dianggap sebagai mitra penting bagi Indonesia, dengan total perdagangan mencapai UU$24,7 miliar pada 2014. Tahun lalu, Indonesia juga lebih banyak mengekspor produknya ke Turki dengan selisih surplus mencapai US$415 juta.

Kart alam, serat sintetis, minyak sawit dan tekstil menjadi komoditas utama Indonesia untuk diekspor ke Turki.

Sementara itu, investasi Turki di Indonesia pada 2014 mencapai US$64,1 juta dengan total 29 proyek. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya US$11,7 juta dengan total 22 proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper