Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pjs Bupati Karangasem Dilantik

Kepala Biro Keuangan Setda Bali Ida Bagus Ngurah Arda ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Karangasem yang ditinggalkan Wayan Geredeg karena sudah habis masa jabatannya.
Pjs Bupati Karangasem Ida Bagus Ngurah Arda./Feri-JIBI
Pjs Bupati Karangasem Ida Bagus Ngurah Arda./Feri-JIBI
Bisnis.com,  DENPASAR -- Kepala Biro Keuangan Setda Bali Ida Bagus Ngurah Arda ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Karangasem yang ditinggalkan Wayan Geredeg karena sudah habis masa jabatannya.

Pelantikan Arda dilakukan oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Gedung Wisma Sabha Kantor Gubernur Bali di Denpasar. Arda akan menjabat Bupati Karangasem terhitung sejak hari ini hingga pelantikan bupati yang baru sekitar Februari atau Maret 2016. 

Seharusnya, Arda dilantik pada 21 Juli 2015 sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Bupati Karangasem, tetapi karena keputusan Mendagri baru ditetapkan maka pelantikan baru dilangsungkan sekarang.

Selama menjabat bupati, dia akan mendapatkan gaji pokok, dan tunjangan seperti layaknya yang didapat oleh seorang bupati. Arda yang menjabat sebagai Karo Keuangan Setda Bali selam 1,5 tahun mengatakan tugas beratnya dalam waktu pendek ini adalah mempersiapkan pilkada bupati dan penyusunan APBD 2016.

"Syukurnya saya di bidang keuangan, tetapi tugas ini berat," ungkapnya usai pelantikan, Rabu (29/7/2015).

‎Sementara itu, Pastika mengatakan tugas pokok Pejabat Bupati Karangasem adalah menyelenggarakan pemerintahan, memfasilitasi pilkada, dan menjaga netralitas PNS di Pilkada. ‎Dia meminta agar pejabat bupati harus pahami tugas dan wewenang kepala daerah, karena masa jabatannya singkat tetapi punya posisi strategis

"Tugas pejabat bupati lebih berat karena mempersiapkan pilkada, merampungkan RAPBD Perubahan 2015 dan menyusun laporan keuangan, kinerja serta menangani situasi politik. Namun, berhak mutasi," jelasnya.

Pastika meminta agar pejabat bupati tetap memahami posisinya sebagai pejabat Setda yang ditugaskan oleh Gubernur Bali.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper