Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MTQ NASIONAL: UI Targetkan Jadi Juara Umum

Universitas Indonesia (UI) menargetkan tim kontingennya meraih juara umum tiga besar dalam ajang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XIV 2015. Kompetisi tersebut berlangsung pada 1-8 Agustus di Kampus UI Depok, Jawa Barat.
MTQ nasional/ilustrasi
MTQ nasional/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) menargetkan tim kontingennya meraih juara umum tiga besar dalam ajang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XIV 2015. Kompetisi tersebut berlangsung pada 1-8 Agustus di Kampus UI Depok, Jawa Barat.

"Tahun ini menjadi kesempatan yang baik bagi UI untuk bisa sukses ganda, yakni sukses sebagai tuan rumah dan sukses prestasi. Tim kontingen menargetkan paling tidak meraih juara umum tiga besar," kata Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQMN XIV Arman Nefi melalui siaran tertulis yang diterima Bisnis.com, Rabu (29/7/2015).

Arman mengatakan, ke-30 anggota tim UI menjalani karantina selama enam bulan terakhir guna meningkatkan kemampuan mereka pada ajang dua tahunan tersebut. Tahun ini, imbuhnya, menjadi momen peningkatan prestasi tim UI dari MTQ sebelumnya yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang.

"Namun demikian, inti dari penyelenggaraan lomba tersebut adalah syiar tentang agama Islam dan 'ukhuwah islamiyah' atau persaudaraan antara umat Islam," tutur Direktur Kemahasiswaan UI itu.

Hal senada disampaikan Rektor UI Muhammad Anis. Menurutnya, inti dari perlombaan tersebut bukan menyangkut menang atau kalah, melainkan untuk memperkuat silaturahim antarsivitas akademis secara nasional dengan memaknai Alquran.

"Sebagai perguruan tinggi yang menyandang nama Indonesia, UI bertanggung jawab membentuk watak peradaban bangsa sehingga lewat lomba ini diharapkan memicu mahasiswa UI dan perguruan tinggi di Indonesia menjadi mahasiswa berilmu namun tetap memegang teguh ketakwaan," kata Anis.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama UI dengan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini akan diikuti 1.863 mahasiswa dari 167 perguruan tinggi se-Indonesia. Beberapa Perguruan Tinggi yang berpartisipasi antara lain UI, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Tadulako (Untad), Universitas Negeri Papua (Unipa) dan Universitas Bina Nusantara.

Adapun 13 jenis lomba musabaqah yang disertakan antara lain debat pengetahuan Alquran dalam Bahasa Inggris, musabaqah tilawatil Quran dan musabaqah tartilil Quran. MTQ Mahasiswa Nasional tahun ini juga menyajikan cabang lomba baru, yakni lomba desain aplikasi Alquran berbasis komputer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper