Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Menteri Lingkungan di Asean Bahas Kebakaran Hutan

Isu kebakaran hutan dan bencana asap menjadi salah satu agenda inti yang dibahas dalam rapat yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama kementerian bidang lingkungan hidup dari sejumlah negara Asean.
kebakaran hutan
kebakaran hutan

Bisnis.com, JAKARTA - Isu kebakaran hutan dan bencana asap menjadi salah satu agenda inti yang dibahas dalam rapat yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama kementerian bidang lingkungan hidup dari sejumlah negara Asean.

Pertemuan bertajuk Technical Working Group (TWG) Ministerial Steering Committee on Transboundary Haze Pollution tersebut dihadiri oleh lima menteri bidang lingkungan hidup dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Kebakaran hutan dan bencana asap diprediksi masih terus terjadi pada tahun ini, meskipun intensitasnya diperkirakan akan menurun dibandingkan dengan kondisi pada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu indikator penurunan kejadian bencana adalah menurunnya jumlah titik api (hotspot) di sejumlah wilayah yang menjadi titik-titik utama terjadinya kebakaran hutan di Indonesia.

KLHK mencatat sepanjang 2015, jumlah titik api di Riau mencapai 1.166 titik, menurun 69% jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Demikian pula, jumlah titik api di Kalimantan Barat pada periode Januari-Juli 2015 tercatat sebanyak 539 titik, menurun 71% jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

“Jumlah hotspot di seluruh Indonesia adalah 4.763 titik,” tulis keterangan resmi yang dirilis KLHK, Selasa (28/7/2015).

Menurut KLHK, penurunan jumlah hotspot merupakan hasil kerja sama antara berbagai pihak, yakni pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri, universitas, pihak swasta dan masyarakat.

Di lingkup Asean, pemerintah di masing-masing negara telah melakukan sejumlah upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan pencemaran udara.

Di antara langkah yang telah diambil adalah memperkuat kapasitas pemadam kebakaran hutan dan lahan, menyelenggarakan pengendalian kebakaran, serta manajemen dan rehabilitasi gambut.

Selain itu, kelima negara yang terlibat dalam pertemuan ini berencana mendirikan Asean Coordinating Centre on Transboundary Haze Pollution Control (ACC THP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper