Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Lebaran, KA Prameks Tetap Layani Rute Prembun

PT Kereta Api Indonesia daerah operasional 5 Purwokerto menetapkan rute tambahan KA Prameks hingga ke Stasiun Prembun, Kebumen, Jawa Tengah.
Kereta commuter line untuk mengurangi kemacetan lalu lintas./JIBI-Akhirul Anwar
Kereta commuter line untuk mengurangi kemacetan lalu lintas./JIBI-Akhirul Anwar

Bisnis.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional V Purwokerto menetapkan rute tambahan KA Prameks hingga ke Stasiun Prembun, Kebumen, Jawa Tengah.

Surono, Corporate Communiication Manager PT KAI Daop 5 Purwokerto, menuturkan selama KA Prameks sebenarnya telah melayani rute Prembun-Yogyakarta-Solo pada periode Lebaran 2015.

Namun, pihaknya akan mempertahankan rute tersebut secara regular. “Awalnya hanya direncanakan selama angkutan lebaran, kami akan terus pertahankan usai angkutan lebaran tanggal 27 Juli 2015,” ungkap Surono dalam keterangan resmi, Senin (27/7/2015).

Kereta api yang melayani rute Prembun- Solo ini akan tetap melayani penumpang dari stasiun Prembun. 

Surono menjelaskan KAI melihat potensi penumpang yang cukup besar di wilayah tersebut. Saat ini, ungkapnya, rata- rata setiap hari ada sekitar 500-600 penumpang KA Prameks yang naik dari Prembun.

Bahkan, sambung Surono,  setiap harinya ada sekitar 100-an calon penumpang yang kehabisan tiket. Tarif yang cukup terjangkau, kenyamanan serta waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan dengan moda angkutan jalan raya diyakini menjadi daya tarik masyarakat di Prembun dan sekitarnya untuk menggunakan KA Prameks.

“Masyarakat di Kabupaten Kebumen tetap bisa menikmati layananan KA Prameks dari stasiun Prembun. Hal ini akan membantu efektifitas waktu dan biaya jika dibandingkan harus naik dari stasiun Kutoarjo yang letaknya lebih jauh.”

Seperti diketahui, KA Prameks merupakan salah satu kereta api dengan fasilitas subsidi tarif public service obligation (PSO) dengan tarif dari stasiun Prembun sebesar Rp15.000.

Dengan waktu tempuh Prembun-Yogya sekitar 1 jam 20 menit serta Prembun-Solo 2 jam 50 menit, saat ini ada tiga kali jadwal pemberangkatan KA Prameks dari stasiun Prembun, yakni pukul 06.00, pukul 08.35 dan pukul 19.05. 

Sementara itu, kedatangan KA Prameks di Prembun juga dijadwalkam tiga kali sehari, yakni pukul 05.49, pukul 07.57 dan pukul 18.45.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper