Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UI Sabet Penghargaan Singapore Model United Nations

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menorehkan prestasi pada ajang kompetisi Singapore Model United Nations (SMUN) di Singapura dengan menyabet penghargaan honorable mention (setara juara 3).

Kabar24.com, JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menorehkan prestasi pada ajang kompetisi Singapore Model United Nations (SMUN) di Singapura dengan menyabet penghargaan honorable mention (setara juara 3).

"Prestasi ini diharapkan mampu memotivasi mahasiswa UI khususnya dan mahasiswa Indonesia pada umumnya untuk terus mengembangkan sayap, tidak hanya berkuliah saja melainkan ikut serta dalam kompetisi nasional dan internasional," kata Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti, Rabu.

Delegasi mahasiswa UI atas nama Asti Shafira (Fakultas Kesehatan Masyarakat 2014) dan Chandra Anwar (Fakultas Hukum 2012).
Peraih juara pertama kompetisi ini adalah National University of Singapore, juara kedua diraih oleh Nanyang Technological University.

Sedangkan prestasi lainnya ditorehkan oleh Mayang Krisnawardhani (mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2013) yang terpilih menjadi moderator dan pemimpin sidang pada SMUN 2015 dengan membawakan topik sidang terkait keberlanjutan Area Perdagangan Bebas ASEAN dan Keamanan Pangan di Asia Tenggara.

Selain ketiga mahasiswa tersebut, UI juga mengirimkan empat delegasi lainnya sebagai peserta pada SMUN 2015 yaitu Amy Darajati Utomo (FISIP 2012),Diah Kristiningsih (FH 2014),Meutia Rahmadina (Fakultas Teknik 2014) dan Nilam Laksitarasmi (Fakultas Ekonomi 2013).

SMUN merupakan simulasi persidangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dimana mahasiswa berkompetisi dalam kemampuan berdebat, bernegosiasi dan menghasilkan resolusi dengan memberikan ide-ide inovatif dalam mengatasi permasalahan internasional.

Mahasiswa akan berperan selayaknya diplomat dan merepresentasikan berbagai negara di dalam konsul-konsul perserikatan bangsa-bangsa seperti ASEAN Region Forum, United Nations Children's Fund (UNICEF), Association of Southeast Asia Nations plus three (ASEAN 3+),United Nations High Commissioner for Refugee (UNHCR), Historical Security Council (HSC), dan lainnnya.

Keikutsertaan mahasiswa UI pada ajang SMUN ini menambah sederetan prestasi pemuda Indonesia di kancah internasional sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa UI di dalam berhadapan dan berkompetisi dengan pemuda lainnya di tingkat Global.(antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper