Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Politisi PDIP & Teman Wanitanya Ditangkap Usai Transaksi Narkoba

Polisi menangkap seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang yang diduga telah melakukan transaksi narkoba.
Ilustrasi sabu/Antara
Ilustrasi sabu/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Polisi menangkap seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang yang diduga telah melakukan transaksi narkoba.

Wakil rakyat bernama Pabuadi itu dibekuk bersama seorang teman perempuannya di tempat parkir diskotek B-Fashion, di Tanjung Duren, Grogol, Jakarta Barat.

 Menurut Kepala Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Parulian Sinaga, polisi tidak menemukan barang bukti saat menggeledah Pabuadi. Namun, berdasarkan tes urine, lelaki 30 tahun itu dipastikan telah menggunakan narkoba.

 "Hasilnya positif memakai sabu," kata Rudi, Senin (6/7/2015).

Parulian mengatakan, penangkapan Pabuadi bukan secara kebetulan. Polisi telah menguntit wakil rakyat dari PDIP tersebut karena mendapat laporan bahwa Pabuadi sering bertransaksi dengan seorang pengedar narkoba bernama Ruli alias Bule.

 Saat ditangkap polisi pada Jumat pekan lalu, Pabuadi sebenarnya akan bertemu dengan Bule.

"Dia sudah kasih uang Rp 800 ribu, tapi barang belum dapat," kata Parulian. Namun, sebelum bertemu Bule, lelaki itu keburu diringkus polisi.

Dari keterangan Pabuadi, polisi akhirnya bisa melacak keberadaan Bule. Pria 35 tahun itu dibekuk di rumahnya, di Kampung Sindang Rana RT 03 RW 01 Nomor 11, Neglasari, Kota Tangerang, pada hari yang sama. Di tempat itu, polisi menyita 3,12 gram sabu.

“Barang itu pesanan Pabuadi. Disembunyikan di bawah bantal,” kata Parulian.

Ruli mengatakan sudah menjual sabu kepada Pabuadi sejak tahun lalu. Dia tidak kenal secara pribadi kepada pelanggannya itu meski sama-sama tinggal di Neglasari, Kota Tangerang. “

Tidak kenal, hanya urusan jual-beli saja,” kata dia kepada wartawan kemarin.

Sedangkan, Pabuadi tidak mengeluarkan sepatah kata pun ketika ditanya wartawan.

Bandar Narkoba

Polisi saat ini tengah memburu bandar besar yang memasok narkoba kepada Ruli. Diduga, sang bandar menjadi bagian dari sindikat narkotik internasional.

“Mereka memang memasok narkotik untuk kota-kota besar,” kata Parulian.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Tangerang, Hendri Zein, mengatakan, Pabuadi memang terpilih sebagai anggota DPRD Kota Tangerang periode 2014-2019 dari partainya. Hendri tidak terkejut mendapat kabar koleganya itu ditangkap karena urusan narkoba.

"Dia sering bolos dan kepergok berbuat hal negatif," kata Hendri.

Hendri mengatakan, saat mengikuti kunjungan kerja ke luar kota, Pabuadi kerap mabuk-mabukan. Pimpinan partai sudah memberikan teguran namun tidak digubris oleh Pabuadi. Akhirnya, pada April 2015, pengurus PDIP Kota Tangerang menjatuhkan sanksi administratif.

"Dia kami copot dari anggota Bamus, anggota Baleg, dan tidak dilibatkan dalam struktur organisasi partai,” kata Hendri.

 Kepala Polres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Rudy Adi Nugroho mengatakan wilayah Jakarta Barat masih jadi tempat favorit bagi para penikmat narkotik. Kecenderungan itu terjadi karena banyak tempat hiburan yang tersebar di wilayah itu.

 “Transaksi narkoba memang lebih sering di tempat hiburan malam,” ujar dia.

Rudy memerkirakan, transaksi narkoba pada 2015 nilainya bisa mencapai Rp 300 miliar. Perkiraan ini didasarkan pada jumlah pengguna dan pengedar yang hampir setiap hari ditangkap.

“Tidak semua diekspos ke media,” katanya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper