Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HERCULES JATUH DI MEDAN: Begini Cara Warga Sipil Naik Hercules

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kapten Muhammad Rizwar, menjelaskan pesawat Hercules memang hanya dapat ditumpangi keluarga tentara.
Para petugas dan warga mengerumuni bangkai pesawat Hercules TNI AU yang jatuh di Perumahan Royal Garden, Kota Medan./Bisnis-Yoseph Pencawan
Para petugas dan warga mengerumuni bangkai pesawat Hercules TNI AU yang jatuh di Perumahan Royal Garden, Kota Medan./Bisnis-Yoseph Pencawan

Kabar24.com, PEKANBARU-- Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kapten Muhammad Rizwar,  menjelaskan pesawat Hercules memang hanya dapat ditumpangi keluarga tentara.

Masyarakat sipil yang menumpangi Hercules mendapat surat rekomendasi dari keluarganya yang lain yang berprofesi sebagai anggota tentara.

Begitu juga dengan mahasiswa asal Ranai, Natuna, Kepaulauan Riau. Mereka bisa pulang kampung menumpangi Hercules lantaran memiliki surat permohonan dari paguyuban dan organisasi mahasiswa setempat.

"Kami sifatnya memfasilitasi untuk membantu masyarakat, memberi kemudahan bagi mereka pulang kampung," katanya, Kamis (2/7/2015).

Pesawat Hercules dengan nomor A1310 itu jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, pada Selasa, 30 Juni 2015. Pesawat dipiloti Kapten Sandy Permana.

Hercules nahas itu lepas landas dari Pangkalan Udara Suwondo, Medan, pukul 11.48 WIB. Pesawat mengangkut 12 kru dan 101 penumpang.

Tragedi jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan, Sumatera Utara tidak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga Tentara. Tetapi juga rombongan mahasiswa asal Ranai, Natuna, Kepulauan Riau.

Akses Sulit

Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Pekanbaru itu turut menjadi korban Hercules nahas. Mereka memilih menumpang pesawat itu dalam rangka liburan Hari Raya Idul Fitri lantaran akses transportasi laut sangat sulit.

"Perjalanan naik kapal laut sudah tidak ada lagi akhir bulan," kata mahasiswa asal Ranai, Adi.

Adi beserta keluarganya di Ranai kini tengah berduka. Dia kehilangan saudara sepupunya, Alfin Syahroni, 19, dalam peristiwa itu. Keduanya mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Riau.

Adi menceritakan, tiga hari sebelum kejadian mereka sudah merencanakan pulang kampung ke Ranai. Tapi, Alfin belum bisa pulang lantaran masih ada jadwal kuliah.

"Saya pulang duluan naik pesawat komersiil," kata Adi.

Menurut Adi, semula Alfin berencana pulang kampung menaiki kapal laut. Namun, sejak tanggal 27 Juni 2015 akses menuju Ranai ditutup. Rute kapal berubah ke daerah lain menyusul arus mudik Lebaran.

"Tidak ada lagi kapal ke kampung kami," ujarnya.

Mahal

Pertimbangan lain, pesawat komersial menuju Natuna terbilang mahal. Untuk satu penumpang bisa menelan biaya Rp 1,5 juta.

Menurut Adi, Alfin akhirnya memutuskan berangkat naik Hercules berkat surat rekomendasi yang sudah diurus oleh ayahnya.

"Sebelumnya dia juga sudah pernah naik Hercules," kata dia.

Alasan serupa juga dialami mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Musyawir. Dia juga turut menjadi korban. Musyawir merupakan mahasiswa yang aktif di Resimen Mahasiswa UIN Riau.

Musyawir bisa naik Hercules dengan mengantongi surat rekomendasi dari organisasinya di kampus yang juga berbasis militer dengan memanfaatkan jaringan di TNI AU.

"Kami keluarkan surat permohonan dari Menwa agar dia bisa pulang naik Hercules," kata mantan Komandan Menwa, Fathurachman Alfaruq.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper