Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEBAKARAN MAUT: Enam Warga Pampang Makassar Tewas Terpanggang Api

Kepolisian Sektor Panakkukang Kota Makassar belum bisa menyimpulkan sumber api yang menghanguskan beberapa rumah di Jalan Pampang I Lorong VI Kecamatan Panakkukang Makassar, Rabu dinihari menjelang waktu sahur.
Ilustrasi kebakaran/Antara
Ilustrasi kebakaran/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Kepolisian Sektor Panakkukang Kota Makassar belum bisa menyimpulkan sumber api yang menghanguskan beberapa rumah di Jalan Pampang I Lorong VI Kecamatan Panakkukang Makassar, Rabu dinihari menjelang waktu sahur.

Sebanyak enam warga dilaporkan tewas dalam kebakaran maut tersebut.

"Kami belum bisa simpulkan sumber api dari mana, kami masih menyelidiki," kata Kepala Polsek Panakkukang, Woro Susilo.

Kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan segera mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi.

Woro mengatakan pihaknya menunggu hasil pemeriksaan dari Laboratorium Forensik Polri Cabang Makassar. Sejauh ini, pihaknya belum mengambil keterangan keluarga korban karena masih dalam suasana duka.

Kebakaran maut itu hanya menyisakan Jamaluddin alias Unding (35). Adapun, istrinya, Risma (22), dan tiga anaknya, Reski (12), Rifki (9), dan Suci (6) meninggal dunia.

Begitu pula dengan mertuanya, Ratna (60), dan keponakannya, Ramadan (25) yang tewas dilalap Si Jago Merah. Jamaluddin dirawat di RS Bhayangkara karena mengalami luka bakar.

Tetangga korban, Abdul Palmak (51), mengatakan dirinya mengetahui kebakaran itu saat api sudah besar. "Kami coba membantu dengan menyiramkan air tapi apinya sudah besar," katanya.

Armada Pemadam Kebakaran Kota Makassar disebutnya juga cepat datang ke lokasi kejadian. Namun, aksesnya yang terhambat karena adanya tiang listrik yang menjorok ke jalan sehingga membuat mobil pemadam sulit masuk.

Palmak menuturkan Jamaluddin berhasil selamat setelah melompat dari rumah panggung yang terbuat dari kayu itu. Pria yang bekerja sebagai buruh harian itu sempat menarik Risma keluar. Tapi, sang istri masuk kembali karena ingin menyelamatkan anaknya. Saat istrinya masuk, api sudah sangat besar. Tak ayal, mereka semua tewas terpanggang api di dalam rumah tersebut.

Soal penyebab kebakaran, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Imran Samad tidak mengetahuinya. Karena itu, Imran enggan berspekulasi dan menyerahkan pengusutan perkara itu ke kepolisian.

Imran mengimbau warga untuk mewaspadai kebakaran selama Ramadan mengingat aktivitas masak-memasak di dapur meningkat untuk santap sahur dan buka puasa. "Jangan tinggalkan kompor sebelum padam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper