Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Diminta Tingkatkan Akses Beasiswa Pendidikan Buruh Migran

Pemerintah diharapkan memperluas akses dan menambah jumlah penerima beasiswa bagi anak buruh migran yang terdapat di Malaysia agar merasakan pendidikan formal di Indonesia.
Ilustrasi: Terminal khusus TKI di Bandara
Ilustrasi: Terminal khusus TKI di Bandara
Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah diharapkan memperluas akses dan menambah jumlah penerima beasiswa bagi anak buruh migran yang terdapat di Malaysia agar merasakan pendidikan formal di Indonesia.
 
Istiqlal, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu menjelaskan tahun ini sebanyak 22 anak mendapatkan beasiswa. Dari jumlah ini, 12 anak akan menjalani pendidikan setingkat SMA di Sekolah Permata Insani Islamic School Tangerang dan 10 anak di SMKN 2 Simpang 4 Tanah Bumbu Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jumlah ini meningkat dari beasiswa tahun lalu sebanyak 10 anak.
 
Diharapkan bea siswa yang diberikan terus meningkat jumlahnya. Kami dari Sekolah Indonesia didukung Kantor Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu sedang merayu kepada beberapa BUMN dan perusahaan-perusahaan nasional di Indonesia untuk turut bersama-sama Kemendikbud memberikan bea siswa kepada anak-anak TKI Sabah, kata Istiqlal, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu melalui keterangan tertulis, Senin (22/6/2015).
 
Dia menuturkan semua anak-anak TKI yang mendapat bea siswa kebanyakan terlahir di Sabah dari pasangan orang tua yang berprofesi peladang sawit dan beberapa pekerja bengkel. Anak-anak TKI yang berjumlah 22 anak itu belum ada seorangpun yang memiliki pengalaman bepergian jauh, apalagi sampai Jakarta atau Banjarmasin.
 
Saat ini kebutuhan akses pendidikan bagi anak-anak TKI untuk wilayah Sabah saja berjumlah cukup besar. Tercatat sekolah komunitas yang berjumlah 200 buah dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu yang bekerjasama dengan Sekolah Humana telah memberikan pendidikan kepada lebih dari 23 ribu anak-anak. Pemerintah sendiri tengah merancang pendirian sekolah lanjutan di perbatasan di Nunukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper